MEMINIMALISASI KREDIT MACET DALAM METAFORA KISAH DONGENG CINDERELLA: STUDI KASUS PADA DIVISI PKBL PTPN X

IKHLASUL MANNA, 041424253027 (2018) MEMINIMALISASI KREDIT MACET DALAM METAFORA KISAH DONGENG CINDERELLA: STUDI KASUS PADA DIVISI PKBL PTPN X. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai perwujudan dari tanggungjawab sosial perusahaan sesuai peraturan Menteri BUMN Nomor PER–05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang PKBL, PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) membentuk Divisi Program Kemitraan Kecil dan Bina Lingkungan (PKBL). Berdasarkan peraturan tersebut, PTPN X melalui Divisi PKBL melakukan penyaluran dana bergulir yang bernama Program Kemitraan bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyaluran dana program kemitraan di Divisi PKBL PTPN X dan untuk mengetahui realitas yang terjadi selama proses monitoring dan penagihan dana program kemitraan di Divisi PKBL PTPN X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan perspektif metafora kisah dongeng Cinderella untuk mempermudah pembaca dalam memahami realitas yang terjadi di dalam Program Kemitraan divisi PKBL di PTPN X. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara para aktor yang terlibat dalam proses penyaluran, monitoring dan penagihan, dokumentasi serta observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit macet terjadi dikarenakan hambatan dalam menjalankan bisnis para mitra binaan, dana pinjaman modal yang diterima oleh Mitra Binaan tidak diterima secara utuh, survey tidak dilakukan secara menyeluruh oleh pihak PTPN X, tidak adanya persyaratan dari PTPN X bagi mitra binaan untuk menyerahkan laporan keuangan, kurangnya monitoring yang dilakukan oleh unit Program Kemitraan, dan kegiatan pembinaan atau pelatihan tidak dilakukan secara merata.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 36/18 Man m
Uncontrolled Keywords: Partnership Program, Non Performing Loan, Partners, PKBL Division PTPN X, Metaphors of the Cinderella Tale
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IKHLASUL MANNA, 041424253027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal Fanani, Dr. , SE., MSA., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2018 14:15
Last Modified: 09 Oct 2018 14:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item