PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BERDASARKAN INDEX PUBLISITAS PADA P.T. PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO)

CATUR PRASETYA WIBOWO (2011) PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BERDASARKAN INDEX PUBLISITAS PADA P.T. PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wibowocatu-15457-kkbkkb-k.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini isu tentang aktivitas program Corporate Social Responsibility (CSR)merupakan isu yang cukup fenomenal dalam dunia bisnis terutama hubungannya dengan corporate performance. Beberapa tahun terakhir, salah satu perusahaan di Indonesia yang melakukan aktivitas program tersebut adalah P.T. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Perusahaan ini merupakan perusahaan umum milik negara yang bergerak pada bidang perkebunan terutama tebu, rumah sakit, dan pabrik karung. Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan program CSR tersebut maka perusahaan perlu melakukan pengungkapan atas CSR itu sendiri ke stakeholder yang berkepentingan. Selain itu, pengungkapan CSR perusahaan melalui berbagai macam media dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para pemangku kepentingan dan juga untuk menjaga reputasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah perusahaan telah memanfaatkan official website-nya untuk mengungkapkan program CSR yang dilakukan dan juga bagaimana hal tersebut diungkapakan menurut persepsi karyawan perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesadaran dan praktek penerapan CSR pada perusahaan dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukannya dalam kaitannya dengan kepentingan pihak-pihak lain. Penelitian dilakukan terhadap official website P.T. Perkebunan Nusantara XI (Persero) yang beralamat di http://www.ptptn-11.com dan studi lapangan pada perusahaan tersebut. Fokus penelitian adalah pada tiga area utama, yaitu tata kelola perusahaan dan pelaporan (corporate governance and reporting), kebijakan lingkungan, dan kebijakan sosial. Ada lima pertanyaan (kategori) yang akan digunakan untuk meneliti setiap area utama tersebut. Untuk mengukur kuantitas informasi yang disajikan digunakan Index Publisitas (IP) sebagai indikator. Index ini menunjukkan jumlah kategori yang diungkapkan oleh perusahaan dari 15 kategori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Index Publisitas P.T. Perkebunan Nusantara XI (Persero) adalah 11. Index tersebut diperoleh dari Tata Kelola Perusahaan dan Pelaporan 3, dari Dasar Kebijakan terhadap Lingkungan yang dilakukan 3, dan dari sisi Kebijakan Sosial 5. Dengan demikian P.T. Perkebunan Nusantara XI (Persero) telah mengungkapkan 11 informasi yang relevan dengan CSR kepada publik melalui official web site-nya dan juga menurut persepsi karyawan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 495/10 Wib p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PROFIT ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Creators:
CreatorsNIM
CATUR PRASETYA WIBOWOUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Ratnawati, Dr., SE., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 25 Jun 2019 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7454
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item