PENERAPAN PERWALI NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG TATA CARA PENERBITAN SURAT KETERANGAN MISKIN UNTUK PELAYANAN BIDANG KESEHATAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (NPS)

FARAH DILLA AZZAHRA A.P, 071411131019 (2018) PENERAPAN PERWALI NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG TATA CARA PENERBITAN SURAT KETERANGAN MISKIN UNTUK PELAYANAN BIDANG KESEHATAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (NPS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.44 18 Put p.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.44 18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.44 18 Put p.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian bertujuan memperoleh gambaran secara rinci terkait dengan mewujudkan pelaksanaan New Public Service dalam Penerapan Peraturan Walikota No 53 tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Miskin untuk Pelayanan Bidang Kesehatan . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik snowball. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Selanjutnya teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kelurahan Sidotopo Wetan Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Perwali no 53 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Miskin untuk Pelayanan Bidang Kesehatan dilihat dari perspektif pelayanan New Public Service di Kelurahan Sidotopo Wetan telah menunjukkan keberhasilan. Meurut Denhardt dan Denhardt New Public Servive memiliki 7 prinsip yaitu Service Citizents, not customer, Seek the public interest, Value citizenship over entrepeneuership, Think strategically, act democratically, Recognize that accountability is not simple, Serve rather that steer, dan Value people, not just productivity. Dan dari 7 prinsip tersebut Kelurahan Sidotopo Wetan hampir memenuhi semuanya, hal tersebut di tandai dengan terciptanya pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat miskin yang mengurus SKM bidang kesehatan. Dimana warga masyarakat miskin di anggap sebagai citizen yang berhak mendapatkan hak-haknya dan mendapatkan pelayanan yang baik berupa sikap sopan santun dan ramah, serta di tunjukkannya rasa tanggung jawab yang di lakukan pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan SKM bidang kesehatan di Kelurahan Sidotopo Wetan.Dan di Kelurahan Sidotopo Wetan sendiri menyediakan kotak saran yang di maksutkan untuk memberikan ruang partisipasi untuk warganya meskipun masih beberapa masyarakat tidak mengetahu adanya kotak saran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.44/18 Put p
Uncontrolled Keywords: Layanan Kesehatan, Miskin, New Public Service
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
FARAH DILLA AZZAHRA A.P, 071411131019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof., Dr., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 10:33
Last Modified: 10 Oct 2018 10:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74551
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item