MAL-ADMINISTRASI DALAM PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SIDOARJO

DEVA IRMANDANI, 071411131029 (2018) MAL-ADMINISTRASI DALAM PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.48 18 Irm m.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.48 18 Irm m.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.48 18 Irm m.pdf

Download (585kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mal-administrasi yang terjadi dalam pelaksanaan pelayanan Surat Izin Usaha Perdagngan (SIUP) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena mal-administrasi yang merupakan salah satu tantangan dalam menciptakan good governance. Mal-administrasi relatif terjadi pada penyelenggaraan pelayanan publik, salah satunya di DPM-PTSP Kabupeten Sidoarjo yang pada tahun tahun 2017 terdapat kasus pungutan liar (pungli) disejumlah layanan izin salah satunya izin Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bentuk maladministrasi menurut Hendra Nurtjahyo yang terdiri dari 5 kriteria yaitu 1) Ketepatan waktu, 2) Keberpihakan, 3) Kewenangan/kompetensi, 4) Sikap arogansi dan 5) Korupsi Aktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan infoman yang digunakan adalah purposive dimana informan yang dipilih merupakan pihak yang berperan penting dan dianggap paling mengetahui dan memahami segala informasi terkait pelaksanaan pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pelayanan SIUP di Dnas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo menggunakan sistem online, dan terbagi menjadi 2 (dua) tahap yaitu 1) Pendaftaran dan input data serta 2) Verifikasi data dan penerbitan SK. Pada tahap pendaftaran dan input data tidak terjadi tindakan mal-administrasi namun pada tahap verifikasi data dan penerbitan SK (Surat Keputusan) terjadi bentuk mal-administrasi terkait ketepatan waktu dan bentuk mal-adminsitrasi terkait kewenangan/kompetensi yang dilakukan oleh pegawai dalam melaksanakan pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.48/18 Irm m
Uncontrolled Keywords: Mal-administrasi, pelayanan publik, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
DEVA IRMANDANI, 071411131029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suedi, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 11:04
Last Modified: 10 Oct 2018 11:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item