STUDI EKSPLORATIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA RELIGI MAKAM KH. ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) DI KABUPATEN JOMBANG

Wahyuni Islamiyah, 071411131001 (2018) STUDI EKSPLORATIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA RELIGI MAKAM KH. ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) DI KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.49 18 Isl s.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.49 18 Isl s.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.49 18 Isl s.pdf

Download (381kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplore tentang faktor-faktor yang mendukung pengembangan Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur. Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur merupakan wisata religi yang tergolong baru di Jawa Timur. Pengembangan Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur dilakukan dengan proses pengembangan prasarana penghubung; prasarana pemasaran; prasarana sosial; dan prasarana produksi saluran air, dan pengembangan ekonomi terhadap masyarakat sekitar melalui ketersediaan lapangan pekerjaan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung pengembangan kawasan wisata tersebut digunakan teori pengembangan pariwisata dari Clare A. Gunn. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe eksploratif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, Penentuan informan dilakukan secara purposive dan dilanjutkan dengan snowball, penentuan informan masyarakat menggunakan accidental sampling. Analisis data kualitatif dilakukan secara bertahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam pengembangan Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur adalah permintaan dan penawaran, organisai, kebijakan pemerintah, biaya atau keuangan, sumberdaya alam, pihak swasta, tenaga kerja, masyarakat, warisan budaya, dan kompetisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.49/18 Isl s
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pengembangan kawasan, wisata religi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Wahyuni Islamiyah, 071411131001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 11:10
Last Modified: 10 Oct 2018 11:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item