PERBANDINGAN EFEKTIFITAS HASIL PLEURODESIS CEPAT DAN PLEURODESIS PROSEDUR STANDAR PADA PENDERITA EFUSI PLEURA KARENA KEGANASAN

Andri Dwi Wahyudi, - (2018) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS HASIL PLEURODESIS CEPAT DAN PLEURODESIS PROSEDUR STANDAR PADA PENDERITA EFUSI PLEURA KARENA KEGANASAN. Thesis thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Stadium terminal dari NSCLC berkaitan dengan metastasis jauh serta didapatkannya malignant pleural effusion (MPE) yang merupakan penyulit pada sekitar 25-50% kasus kanker paru. Pleurodesis cepat adalah tindakan pleurodesis dengan agen sklerosis diberikan lewat toraks drain setelah evakuasi dibuktikan dari toraks foto paru mengembang dan tidak terdapat trapped lung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pleurodesis cepat sama efektifnya dengan pleurodesis prosedur standar pada pasien efusi pleura karena keganasan. Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain penelitian the randomized posttest only control groub design. Sampel penelitian ini adalah semua pasien yang dirawat di instalasi rawat inap rumah sakit Dr. Soetomo oleh karena efusi pleura karena keganasan yang dilakukan pleurodesis dan memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pleurodesis prosedur standar dan kelompok pleurodesis cepat dan dievaluasi 1 bulan paska pleurodesis. Hasil: Pada pleurodesis prosedur standar didapatkan total kategori pleurodesis sukses 9 (81,81%) pasien, 2 (18,18%) pasien gagal dan 1 pasien tidak dievaluasi. Pada pleurodesis cepat didapatkan total kategori pleurodesis sukses 10 (90,9%) pasien, 1 (9,09%) pasien gagal dan 2 pasien tidak dievaluasi dengan nilai p sebesar 0,300 (p > 0,05). Pada penelitian ini hanya didapatkan komplikasi berupa nyeri dan demam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS PKR 06/18 Wah p
Uncontrolled Keywords: Pleurodesis; talk; malignant pleural effusion (MPE); slurry
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Pulmonologi dan Ilmu kedokteran Respirasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Andri Dwi Wahyudi, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIsnin Anang Marhana, dr.,SpP(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2018 17:01
Last Modified: 10 Oct 2018 17:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74573
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item