FAKTOR KINERJA PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) YANG BERHUBUNGAN DENGAN CAPAIAN PESERTA KB BARU METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi di Kabupaten Tuban Tahun 2017)

RINANTI RAHAYUNING BEKTI, 101411131014 (2018) FAKTOR KINERJA PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) YANG BERHUBUNGAN DENGAN CAPAIAN PESERTA KB BARU METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi di Kabupaten Tuban Tahun 2017). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.202-18 Bek f ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.202-18 Bek f SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan salah satu dari tiga Kabupaten di Jawa Timur yang dijadikan sebagai uji coba dalam pengoptimalan jumlah peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada tahun 2017 sebesar 20,91%. Namun pada kenyataannya capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kabupaten Tuban pada tahun 2017 belum mencapai target yang telah ditentukan, yaitu sebesar 40% dari seluruh pemakaian metode kontrasepsi. Capaian tersebut juga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar yaitu 18,10%. Capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan salah satu indikator kinerja sasaran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang berperan sebagai ujung tombak dalam menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) di lini lapangan yang berada di bawah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kinerja Tim Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang berhubungan dengan capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan rancang bangun penelitain cross sectional, karena peneliti melakukan penelitian dengan melihat berbagai variabel secara bersamaan pada satu waktu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) sejumlah 20 tim yang terbagi pada 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang memiliki kecenderungan berhubungan dengan capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) terdiri dari pengetahuan dan motivasi, deskripsi pekerjaan tim, desain pekerjaan tim, dan beban kerja tim, pelatihan dan pengembangan, kepemimpinan dan supervisi, team leadership, mutual performance monitoring, backup behavior, adaptability, mutual trust, dan loop communication. Faktor yang tidak memiliki kecenderungan berhubungan dengan capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) adalah faktor karakeristik organisasi yaitu reward system.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.202/18 Bek f
Uncontrolled Keywords: performance, new member participant of long-term contraception method, Family Planning Officers
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RINANTI RAHAYUNING BEKTI, 101411131014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 11 Oct 2018 13:13
Last Modified: 11 Oct 2018 13:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item