PENGARUH SPORT SPONSORSHIP TERHADAP RESPON SPONSORSHIP DALAM EVENT OLAHRAGA FIFA WORLD CUP 2010 DENGAN SPONSOR MCDONALD�S

ERVAN ADHITYA, 040217433 (2011) PENGARUH SPORT SPONSORSHIP TERHADAP RESPON SPONSORSHIP DALAM EVENT OLAHRAGA FIFA WORLD CUP 2010 DENGAN SPONSOR MCDONALD�S. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-adhityaerv-13185-b36510-p.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adhityaerv-13185-b36510-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis berupa pengaruh yang akan diberikan pada respon responden oleh variabel-variabel bebas. Variabelvariabel tersebut antara lain, kesukaan pada event, persepsi status event, kesesuaian event-sponsor, sikap pada sponsor, persepsi ubiquity sponsor, serta persepsi ketulusan sponsor. Beberapa hipotesis yang diajukan antara lain, persepsi status event berpengaruh positif pada respon sponsorship (H1), kesukaan pada event berpengaruh positif pada respon sponsorship (H2), sikap pada sponsor berpengaruh positif pada respon sponsorship (H3), persepsi ketulusan sponsor berpengaruh positif pada respon sponsorship (H4), persepsi ubiquity sponsor berpengaruh negatif pada respon sponsorship (H5), dan kesesuaian event-sponsor berpengaruh positif pada respon sponsorship (H6). Metode penelitian memakai alat statistik analisis regresi berganda dan uji t, dengan pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar pada populasi masyarakat Surabaya yang mengetahui McDonald’s, FIFA World Cup 2010, serta hubungan sponsorship antara keduanya. Sample diambil dengan metode nonprobability, convenience sampling. Hasil data diolah dengan software SPSS, dan didapatkan hasil, bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan dengan α = 0,05. Selain itu dari hasil uji t, didapatkan bahwa, variabel independen masing-masing berpengaruh signifikan pada respon sponsorship. Persepsi status event memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α maka H1 diterima. Kesukaan pada event memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α sehingga H2 diterima. Sikap pada sponsor memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α sehingga H3 diterima. Persepsi ketulusan sponsor memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α sehingga H4 diterima. Persepsi ubiquity sponsor memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α maka H5 diterima. Kemudian kesesuaian event-sponsor memiliki pengaruh positif dan signifikan pada α sehingga H6 diterima. Dari hasil penelitian didapat bahwa variabel dengan koefisien tertinggi adalah sikap pada sponsor, diikuti persepsi status event dan persepsi kesesuaian sponsor-event. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada sampel dan penggunaan variabel dependen yang hanya satu (respon sponsorship) dimana akan lebih baik apabila dipisah sesuai dimensi favorability, interest, dan use. Di masa mendatang diharapkan dilakukan penelitian dengan sampel yang lebih spesifik dengan event yang lebih spesifik pula, semisal pertandingan olahraga kampus atau event olahraga lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 365/10 Adh p
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING; COMMUNICATION IN MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ERVAN ADHITYA, 040217433UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. LILIK RUDIANTO, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item