PENGARUH TINGKAT KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN TINGKAT KOMPETENSI APARATUR DESA TERHADAP TINGKAT KINERJA ORGANISASI BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI PADA BUMDES MAJU MAKMUR DESA MINGGIRSARI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR)

SHOFA KHOIRUN NISA, 071411131038 (2018) PENGARUH TINGKAT KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN TINGKAT KOMPETENSI APARATUR DESA TERHADAP TINGKAT KINERJA ORGANISASI BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI PADA BUMDES MAJU MAKMUR DESA MINGGIRSARI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.57 18 Nis p.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.57 18 Nis p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.57 18 Nis p.pdf

Download (406kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan adanya Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah mengalokasikan Dana Desa yang jumlahnya cukup besar. Prioritas penggunaan dana tersebut adalah untuk membiayai program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, terutama untuk bidang kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Untuk mendapatkan kinerja organisasi BUMDes yang baik, maka peran pemerintah desa sangat diperlukan. Kepemimpinan kepala desa dan kompetensi aparatur desa dibutuhkan untuk mendorong kinerja organisasi BUMDes. Untuk mengapresiasi terhadap BUMDes - BUMDes yang berkembang, Kemendesa PDTT memberikan penghargaan kepada desa dengan BUMDes terbaik dalam berbagai kategori se-Indonesia. Salah satu BUMDes yang mendapatkan penghargaan adalah BUMDes Maju Makmur Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dengan kategori BUMDes rintisan Eco-Agriculture. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat kepemimpinan kepala desa dan tingkat kompetensi aparatur desa terhadap tingkat kinerja oganisasi BUMDes pada BUMDes Maju Makmur Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode campuran (mixed method) dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden yang terdiri dari anggota BUMDes Maju Makmur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analisis data dan interpretasi data melalui uji korelasi Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kompetensi aparatur mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi dengan nilai F statistik sebesar 67,502. Kemudian untuk besaran koefisien korelasi variabel yang diteliti antara lain variabel kepemimpinan kepala desa mencapai 0,719 dengan kategori pengaruh kuat dan kompetensi aparatur desa sebesar 0,788 dengan kategori pengaruh kuat. Hasil koefisien determinasi yang didapat sebesar 0,643 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh variabel kepemimpinan kepala desa dan kompetensi aparatur desa terhadap kinerja organisasi BUMDes pada BUMDes Maju Makmur Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar adalah sebesar 64,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.57/18 Nis p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kompetensi, Kinerja Organisasi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHOFA KHOIRUN NISA, 071411131038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Oct 2018 15:09
Last Modified: 11 Oct 2018 15:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item