Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat di Desa Kedung Turi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Muhammad Adib Junaidi, 071111067 (2018) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat di Desa Kedung Turi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.68 18 Jun p.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.68 18 Jun p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.68 18 Jun p.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya peningkatan ekonomi nasional akan tercapai memalui bagaimana kesuksesan perekonomian ditingkat daerah. Peningkatan ekonomi di tingkat daerah akan tercapai jika daerah-daerah tersebut memiliki geliat ekonomi yang aktif, peningkatan ekonomi sebuah daerah dapat tercapai dengan ditopang dari kegiatan ekonomi pada tingkat daerah terkecil yaitu desa, yang juga secara langsung memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Pembangunan melalui pedesaan merupakan salah satu cara dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Indonesia BUMDes lahir sebagai suatu pendekatan baru dalam usaha peningkatan ekonomi desa berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pengelolaan BUMDes sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat desa, yaitu dari desa, oleh desa, dan untuk desa. Cara kerja BUMDes adalah dengan jalan menampung kegiatankegiatan ekonomi masyarakat dalam sebuah bentuk lembaga atau badan usaha yang dikelola secara profesional, namun tetap bersandar pada potensi asli desa. Hal ini dapat menjadikan usaha masyarakat lebih produktif dan efektif. Kedepan BUMDes akan berfungsi sebagai pilar kemandirian bangsa yang sekaligus menjadi lembaga yang menampung kegiatan ekonomi masyarakat yang berkembang menurut ciri khas desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah tentang bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam penguatan Ekonomi di Desa Kedung Turi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Sehingga nantinya dapat diketahui apakah dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) selain menambah pendapatan asli desa juga dapat menjadikan ekonomi masyarakat menjadi kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.68/18 Jun p
Uncontrolled Keywords: Penguatan Ekonomi, Ekonomi Kerakyatan, Modal
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Muhammad Adib Junaidi, 071111067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEko Supeno, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:51
Last Modified: 12 Oct 2018 08:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item