STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN GO SIGAP DI KEPOLISIAN RESORT (POLRES) GRESIK

WINDA RATNASARI, 071411131033 (2018) STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN GO SIGAP DI KEPOLISIAN RESORT (POLRES) GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.72 18 Rat s.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.72 18 Rat s.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.72 18 Rat s 2.pdf

Download (506kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program layanan GO SIGAP dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program layanan GO SIGAP yang diselenggarakan oleh Polres Gresik. Banyaknya jumlah laporan penundaan berlarut serta angka kriminalitas di Indonesia yang semakin meningkat, salah satunya pada Kabupaten Gresik. Program layanan GO SIGAP sebagai upaya dari Polres Gresik untuk meningkatkan pelayanan kepolisian dalam menangani laporan kejahatan secara cepat, tepat, dan akurat. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas program menurut Budiani (2007), serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program menurut Richard M. Steers (1985) tentang teknologi dan Cheema & Rondinelli (1983) tentang kondisi lingkungan yang dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik snowball. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program layanan GO SIGAP di Polres Gresik kurang efektif. Hal ini dikarenakan sasaran program yang tidak tercapai, masih banyak pengguna yang melapor berasal dari luar wilayah. Sosialisasi tidak dilakukan secara terstruktur atau terjadwal oleh Polres Gresik. Proses pelayanan yang diberikan oleh petugas kepolisian kepada pengguna program masih lambat. Pemantauan program tidak dilakukan secara rutin. Selain itu, dalam efektivitas program layanan GO SIGAP Polres Gresik dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor teknologi dan faktor lingkungan yang terbagi menjadi dua yaitu faktor lingkungan fisik dan lingkungan sosial budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.72/18 Rat s
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-Government, Program Layanan GO SIGAP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
WINDA RATNASARI, 071411131033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyuni Triana, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:08
Last Modified: 12 Oct 2018 09:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item