PENGARUH TINGKAT KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PARA PELAPOR SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN PRIBADI DI KABUPATEN BOJONEGORO

ERIC SANJAYA HARTADI, 071311133025 (2018) PENGARUH TINGKAT KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PARA PELAPOR SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN PRIBADI DI KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.75 18 Har p.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.75 18 Har p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.75 18 Har p.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang mengalami peningkatan yang signifikan karena adanya pendapatan dari Gas Bumi yang tentunya tidak sedikit perusahaan minyak yang berdiri di Kabupaten Bojonegoro. Akan tetapi kesadaran masyarakat di Kabupaten Bojonegoro mengenai pelaporan maupun pembayaran pajak masih kurang, terlebih lagi sekarang ada aplikasi e-filing yang memudahkan untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan. Hal ini terlihat pada tahun 2016, dari 52.000 Wajib Pajak, yang sudah melaporkan SPT Tahunan masih sekitar 9.155 dan yang baru menggunakan aplikasi e-filing hanya sekitar 3000 Wajib Pajak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menerangkan, menguji hipotesis dari variabel-variabel penelitian. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden ditentukan dengan teknik random sampling. Yang dimana terdiri dari 130 responden yang sudah terdaftar menggunakan e-filing dan berada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro. Pengumpulan data diambil dari kuesioner yang di sebar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro dengan menggunakan skala linkert yang bertujuan untuk mengukur Tingkat Kemudahan Penggunaan E-Filing (X), terhadap Tingkat Kepuasan Pelapor SPT Tahunan (Y). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Tingkat Kemudahan Penggunaan E-Filing juga memiliki pengaruh positif dan signifikan bagi Kepuasan Pelapor SPT Tahunan, hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,233 yang menunjukan bahwa Penggunaan E-Filing memengaruhi Kepuasan Pelapor SPT Tahunan sebesar 23,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.75/18 Har p
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kemudahan Penggunaan E-Filing, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ERIC SANJAYA HARTADI, 071311133025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:29
Last Modified: 12 Oct 2018 09:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item