ANALISIS KANDUNGAN MINYAK ATSIRI DAN TIPE PHYTOTELMATA SEBAGAI NATURAL BREEDING SITE Aedes aegypti DAN Aedes albopictus DI BEBERAPA KABUPATEN DENGAN KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TINGGI DI JAWA TIMUR

Fita Fitriatul Wahidah, 081614153010 (2018) ANALISIS KANDUNGAN MINYAK ATSIRI DAN TIPE PHYTOTELMATA SEBAGAI NATURAL BREEDING SITE Aedes aegypti DAN Aedes albopictus DI BEBERAPA KABUPATEN DENGAN KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TINGGI DI JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TB. 09-18 Wah a Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TB. 09-18 Wah a.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dan kandungan minyak atsiri pada phyotelmata yang digunakan sebagai habitat Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penelitian dilaksanakan di enam Kabupaten yang memiliki angka kejadian DBD tinggi di Jawa Timur tahun 2017, yaitu: Sidoarjo, Pacitan, Malang, Jombang, Bangkalan, dan Banyuwangi. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional. Penentuan titik sampling di setiap Kabupaten menggunakan metode purposive sampling. Ekstraksi minyak atsiri dilakukan dengan metode maserasi menggunakan N-heksan p.a dan analisis komponen penyusun minyak atsiri dilakukan dengan menggnakan Gas Cromatography-Mass Spectrometry (GCMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tipe phytotelmata yang menjadi habitat Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yaitu tipe ketiak daun, lubang pohon, dan lubang buah. Hasil analisis GCMS menunjukkan perbedaan jumlah, jenis, dan kelompok komponen minyak atsiri pada setiap jenis phytotelmata di setiap Kabupaten di Jawa Timur. Dari semua kelompok penyusun minyak atsiri, alkana adalah kelompok senyawa yang ditemukan pada setiap jenis phytotelmata di setiap Kabupaten. Kandungan total alkana tertinggi adalah pada spesies tumbuhan Neoregelia spectabilis diikuti oleh Bambusa sp., Musa paradisiaca, Cocos nucifera, dan Pandanus amaryllifolius.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB. 09-18 Wah a
Uncontrolled Keywords: phytotelmata, minyak atsiri, Aedes aegypti, Aedes albopictus
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fita Fitriatul Wahidah, 081614153010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHamidah, Dr., M. Kes.UNSPECIFIED
ContributorRosmanida, Dr., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Oct 2018 10:34
Last Modified: 12 Oct 2018 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item