PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PENGEMBANGAN PROGRAM POSYANDU LANSIA DI PUSKESMAS JAGIR SURABAYA

AINUR ROFIQ, 071011053 (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PENGEMBANGAN PROGRAM POSYANDU LANSIA DI PUSKESMAS JAGIR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.87 18 Rof p.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.87 18 Rof p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.87 18 Rof p.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran secara rinci terkait dengan partisipasi masyarakat dalam keberhasilan pengembangan program posyandu lansia di Puskesmas Jagir Surabaya. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pengembangan program posyandu lansia di Puskesmas Jagir Surabaya ini menggunakan teori Uphoff dan Cohen yaitu tiga prinsip partisipasi yang meliputi pengambilan keputusan, pelaksanaan program, pemanfaatan program. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penilitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Puskesmas Jagir Surabaya. Informan yang dipilih dalam penelitian adalah pejabat struktural, ketua kader posyandu lansia, dan masyarakat sebagai peserta posyandu lansia. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling dan berkembang menjadi snowball sampling. Data terkumpul diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dari tiga prinsip partisipasi dalam keberhasilan pengembangan program posyandu lansia di Puskesmas Jagir Surabaya mengutamakan tiga prinsip yaitu pengambilan keputusan, pelaksanaan program, pemanfaatan program. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam program posyandu lansia ini yang paling menonjol adalah partisipasi pelaksanaan program dan pemanfaatn program dimana masyarakat sebagai peserta posyandu lansia aktif dalam program yang diselenggarakan oleh puskesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.87/18 Rof p
Uncontrolled Keywords: partisipasi, keberhasilan program, posyandu lansia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
AINUR ROFIQ, 071011053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 11:20
Last Modified: 12 Oct 2018 11:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item