PERAN SISTEM KEPERCAYAAN DALAM PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DIKALANGAN PETANI DI DESA SUCO KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO

AKHMAD RIZKI PRANATA, 071611623008 (2018) PERAN SISTEM KEPERCAYAAN DALAM PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DIKALANGAN PETANI DI DESA SUCO KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.38 18 Pra p.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.38 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.38 18 Pra p.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penemuan informasi merupakan sebuah perilaku yang dilakukan oleh siapa saja dalam upaya menutupi lembah kesenjangan ketidaktahuan seseorang terhadap suatu hal. Penelitian yang berjudul “Sistem Kepercayaan dalam Perilaku Penemuan Informasi Dikalangan Petani di Desa Suco Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso” merupakan sebuah penelitian yang memandang bahwa petani merupakan sebuah profesi yang juga melakukan penemuan informasi dalam usahanya. Dalam perilaku penemuan informasi yang menggunakan terori yang dikembangkan oleh Leckie ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian etnografi dimana peneliti mengemukakan bahwa dalam perilaku penemuan informasi pada profesi petani ini didasari atas Sistem Kepercayaan yang mengarahkan hampir secara keseluruahan dalam perilaku penemuan informasi. Dengan melakukan wawancara mendalam peneliti menemukan bagaimana para petani ini mengembangkan sistem kepercayaan yang berasal dari kepercayaan mereka dari sebuah tradisi, sehingga dari sistem kepercayaan tersebut mampu membentuk sebuah pola sistem kepercayaan yang baru dan lebih detail dalam menentukan karakteristik informasi yang mereka butuhkan, penentuan sumber informasi untuk memenuhi karakteristik informasi yang mereka butuhkan, proses kesadaran akan informasi dan penilaiannya dengan menggunakan personal komitmen serta hasil yang mereka dapatkan dengan mengembangkan sistem kepercayan. Dari penelitian ini dihasilkan temuan-temuan yang berbeda dengan teori yang diungkapkan dalam teori penemuan informasi miliki Leckie dan menghasilkan tipologi perilaku penemuan informasi yang didasari dengan nilai kesuksean yang berupa Traditional-Conservative Information Seeking Behavior, Traditional-Moderate Information Seeking Behavior dan Traditional-Fatalist Information Seeking Behavior. Ketiga hal tersebut yang mengakibatkan perberdaan dalam kebutuahan informasi, sumber informasi, kesadaran akan informasi dan hasil informasi yang merepka peroleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.38/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Sistem kepercayaan, Perilaku Penemuan Informasi, Perilaku Penemuan Informasi Petani, Personal Komitmen.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
AKHMAD RIZKI PRANATA, 071611623008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 14:15
Last Modified: 16 Oct 2018 14:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item