KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DENGAN MENGGUNAKAN LIBRARY SERVICE QUALITY ASSESSMENT (LSQA) (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri ITS, UNAIR, UNESA dan UPN Surabaya)

Tanisa Putih Andansari, 071411631026 (2018) KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DENGAN MENGGUNAKAN LIBRARY SERVICE QUALITY ASSESSMENT (LSQA) (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri ITS, UNAIR, UNESA dan UPN Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.40 18 And k.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.40 18 And k.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.40 18 And k.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan merupakan lembaga jasa penyedia informasi yang mengedepankan layanan sebagai ujung tombak penilaiannya. Untuk menunjang hal tersebut, maka perpustakaan dituntut untuk selalu mampu memenuhi segala kebutuhan informasi pemustakanya. Guna mencapai hal tersebut, tentu saja dibutuhkan andil pemustaka dalam memberikan suatu penilaian melalui persepsinya sehingga perpustakaan mampu terus membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan dengan menggunakan skala LSQA yang diliputi oleh dimensi library environtment atau infrastructure, library collection, library staff dan library service. Penelitian ini difokuskan kepada perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya dengan responden yang mencakup hingga 398 mahasiswa S-1 sebagai pengguna aktif perpustakaan di 1 bulan terakhir. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan teknik purposive sampling di Perpustakaan perguruan tinggi negeri ITS, UNAIR, UNESA dan UPN Surabaya. Dari hasil pengolahan, didapati hasil bahwa capaian tertinggi diperoleh perpustakaan ITS dengan skor mencapai 3,74 dan berada dalam kategori baik. perpustakaan UNAIR dan UNESA masing masing sebesar 3,62 dan 3,53 dimana kedua perpustakaan memiliki kualitas layanan yang tinggi dan berada pada kategori baik. Namun, skor perpustakaan UPN hanya mencapai 3,27 dimana kualitas layanan sedang dan berada dalam kategori cukup baik. Dari angka tersebut diketahui bahwa dimensi terendah pada keempat perpustakaan diperoleh dimensi library service, sedangkan dimensi tertinggi diperoleh dimensi library environtment atau infrastructure untuk perpustakaan ITS, UNAIR dan UPN sedangkan pada perpustakaan UNESA diduduki oleh dimensi library staff.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.40/18 And k
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan perguruan tinggi negeri, skala LSQA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Tanisa Putih Andansari, 071411631026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.Ikom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 14:32
Last Modified: 16 Oct 2018 14:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item