PERSEPSI KOMUNITAS GAMERS TERHADAP GAME ONLINE (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI KOMUNITAS GAMERS SURABAYA TERHADAP GAME ONLINE MOBILE LEGENDS)

PRIMA AJI NUGRAHA, 071411631053 (2018) PERSEPSI KOMUNITAS GAMERS TERHADAP GAME ONLINE (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI KOMUNITAS GAMERS SURABAYA TERHADAP GAME ONLINE MOBILE LEGENDS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.41 18 Nug p.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.41 18 Nug p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.41 18 Nug p.pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bermain game adalah sebuah aktivitas yang tidak asing lagi dikalangan masyarakat beriringan dengan kemajuan teknologi. Apalagi saat ini game online telah tidak dibatasi oleh tempat, jarak, dan waktu. Cukup dengan kita memiliki sebuah kecanggihan teknologi yang terhubung dengan jaringan. Didalam game online mobile legends ini memiliki berbagai macam komponen di dalamnya seperti menu, warna, desain, dan sebagainya. Komunitas gamers memiliki kriteria-kriteria tertentu guna menghasilkan sebuah penilaian maupun persepsi yang berbeda-beda pada beberapa komponen yang diberikan game online tersebut. Berdasarkan dari berbagai perbedaan penilaian maupun persepsi yang dihasilkan dari para komunitas gamers maka dilakukan pengukuran tentang proses terjadinya persepsi melalui alat indera penglihatan dan pendengaran dengan melibatkan beberapa tahapan terhadap game online mobile legends. Maka tujuan penelitian ini adalah dapat memberikan sebuah persepsi maupun penilaian yang baik atau buruk pada komponen yang diberikan game online mobile legends. Penelitian deskriptif ini mengambil 88 responden dari anggota grup komunitas gamers Surabaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi komunitas gamers Surabaya terhadap game online mobile legends dari proses terbentuknya persepsi dan ditinjau dari aspek penglihatan menghasilkan sebuah skor mulai dari tahap kealaman 3,33 yang dinilai sangat baik, tahap fsiologis 2,89 yang dinilai baik, tahap psikologis 2,84 yang dinilai baik, dan tahap persepsi 2,88 yang dinilai baik. Kemudian dari aspek pendengaran menghasilkan sebuah skor mulai dari tahap kelaman 3,33 yang dinilai sangat baik, tahap fsiologis 3,21 yang dinilai baik, tahap psikologis 3,27 yang dinilai sangat baik, dan tahap persepsi 3,13 yang dinilai baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa komponen yang ada dalam game online tersebut secara keseluruhan dinilai baik oleh para anggota komunitas gamers surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.41/18 Nug p
Uncontrolled Keywords: Persepsi komunitas gamers, Game online, Teori Persepsi, Mobile legends
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
PRIMA AJI NUGRAHA, 071411631053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 14:44
Last Modified: 16 Oct 2018 14:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item