PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERILAKU BERBAGI INFORMASI PEKERJAAN PADA GRUP FACEBOOK LOWONGAN KERJA SURABAYA UPDATE

Wida Riyanti Della Sagita, 071611623011 (2018) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERILAKU BERBAGI INFORMASI PEKERJAAN PADA GRUP FACEBOOK LOWONGAN KERJA SURABAYA UPDATE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.47 18 Sag p.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.47 18 Sag p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.47 18 Sag p.pdf

Download (534kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Modal sosial sangat erat kaitannya dengan pencapaian tujuan bersama dalam suatu jaringan hubungan sosial. Jaringan hubungan sosial terdiri dari individu – individu yang memiliki tujuan sama untuk bergabung ke dalam jaringan tersebut. Modal sosial terbentuk dari hubungan sosial dimana seorang individu terhubung dengan individu lainnya dan melakukan hubungan timbal balik, pemberi informasi juga mendapatkan informasi. Hubungan timbal balik yang dimaksud ialah kegiatan berbagi informasi. Penelitian ini dilakukan pada anggota grup facebook Lowongan Kerja Surabaya Update dengan mengambil sebanyak 100 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui modal sosial yang dimiliki anggota grup dalam perilaku berbagi informasi pekerjaan. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini menggunakan wawancara terstuktur dengan menyebar kuesioner kepada responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya anggota grup facebook Lowongan Kerja Surabaya Update masih menerapkan unsur modal sosial dalam perilaku berbagi informasi dalam grup. Hal tersebut dapat dilihat dari 43% responden menjadi anggota aktif dalam grup. Pertukaran yang dilakukan responden adalah dua arah dengan sebanyak 85% responden dan pertukaran yang terbentuk dalam grup tersebut yaitu dengan memberi komentar informasi yang terlah dibagikan sebanyak 73%. Sebanyak 54% responden memberikan seluruh informasi yang diketahuinya kepada anggota lain. Etika juga dirasa penting oleh responden dengan prosentase sebanyak 97%. Nilai kepedulian dilihat dari semangat responden membantu anggota lain untuk memenuhi kebutuhan informasinya sebesar 40%. Tindakan proaktif yang dilakukan responden adalah memberitahu anggota yang memberikan informasi tidak tepat yakni sebesar 63%. Modal sosial dalam perilaku berbagi informasi juga dapat dikaitkan dengan karakteristik sosial, yaitu pendidikan terakhir dan usia dari responden. Hasil crosstabulation atau hubungan antara kedua variabel tersebut yaitu terlihat adanya hubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.47/18 Sag p
Uncontrolled Keywords: modal sosial, perilaku berbagi informasi, grup facebook.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Wida Riyanti Della Sagita, 071611623011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 15:59
Last Modified: 16 Oct 2018 15:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item