PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS 1 (SATU) DI SURABAYA

Afina Nafotira, 071411633020 (2018) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS 1 (SATU) DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.56 18 Naf p.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.56 18 Naf p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.56 18 Naf p.PDF

Download (70kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua diperlukan perannya dalam mengembangkan minat baca pada anak. Peningkatan minat baca bagi anak sekolah dasar merupakan langkah yang yang sangat tepat dalam masa-masa pertumbuhan yang berkaitan dengan pendidikannya. Orang tua diharapkan mampu memiliki perubahan perilaku dalam menjalankan perannya untuk mengembangkan minat baca anaknya. Anak di usia pra sekolah dengan usia sekolah dasar perlu diberikan pembedaan perilaku dalam mengembangkan minat bacanya. Di mana pada anak usia pra sekolah, peran orang tua dalam mengembangkan minat bacanya perlu tugas ekstra dalam berbagai aktivitas penumbuhan terhadap membaca. Akan tetapi, ketika anak memasuki usia pada sekolah dasar, orang tua tidak lagi memberikan perlakuan yang ekstra seperti saat dia berada di pra sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran peran orang tua dalam meningkatkan minat baca serta hambatan – hambatan yang dialami, dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di 5 sekolah dasar yang tersebar di 5 wilayah di Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa orang tua di Surabaya sudah cukup baik dalam menjalankan peran untuk mengembangkan minat baca anaknya. Yang ditunjukkan dengan presentase 97% perhatian orang tua untuk mendampingi anak dalam kegiatan membaca. Sedangkan untuk hambatan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak terletak pada lingkungan luar keluarga. Berbagai hambatan yang berasal dari lingkungan luar keluarga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi minat baca anak di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.56/18 Naf p
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua, mengembangkan minat baca, hambatan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Afina Nafotira, 071411633020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeinia Prayesti, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Oct 2018 17:12
Last Modified: 07 Nov 2018 11:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item