KECEMASAN PENGGUNA (Library Anxiety) di PERPUSTAKAAN (Studi Deskrptif Kecemasan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga di Perpustakaan dengan Menggunakan Metode MLAS)

Mutiara Ahadah Suhartanti, 071411631020 (2018) KECEMASAN PENGGUNA (Library Anxiety) di PERPUSTAKAAN (Studi Deskrptif Kecemasan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga di Perpustakaan dengan Menggunakan Metode MLAS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.61 18 Suh k.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.61 18 Suh k.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.61 18 Suh k.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswa sekolah pascasarjana pada umumnya masih merasakan adanya library anxiety yang berhubungan dengan koleksi, staf perpustakaan, teknologi yang diterapkan, suasana di sekitar perpustakaan serta proses pencarian informasi mereka. Fenomena tersebut terjadi karena dilatar belakangi oleh adanya faktor keterbatasan pengetahuan. Penelitian ini membahas mengenai gambaran library anxiety pada mahasiswa sekolah pascasarjana Universitas Airlangga. Doris Van Kampen, dimana library anxiety dapat diukur melalui 6 dimensi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilakukan pada 84 mahasiswa sekolah pascasarjana Universitas Airlangga. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian, dilihat dari dimensi comfort and confidence when using the library, mahasiswa yang merasa tidak tenang ketika mengujungi perpustakaan sendirian dengan rata-rata 2,46 tergolong rendah. Pada proses pencarian informasi, setiap mahasiswa pascasarjana memiliki perasaan yang berbeda-beda pada setiap tahapan. Dari dimensi perceived barriers concerning staff, mahasiswa memiliki perasaan tidak nyaman ketika akan meminta bantuan memiliki rata-rata 2,69 hal tersebut tidak semua mahasiswa sekolah pascasarjana merasa tidak nyaman ketika meminta bantuan ke pustakawan. Dari dimensi perceived importance to understanding how to use the library, mahasiswa yang mengalami kecemasan ketika belum sepenuhnya mengakses website perpustakaan memiliki nilai rata-rata rendah 2,52. Dari dimensi comfort level with technology as it applies to the library, rata-rata 2,50 tergolong rendah mahasiswa sekolah pascasarjana yang memiliki perasaan tidak nyaman ketika mengakses OPAC. Selanjutnya dari dimensi level while inside the library building, dengan rata-rata 2,14 tergolong rendah mahasiswa sekolah pascasarjana yang merasa cemas dengan bentuk gedung perpustakaan yang luas serta ruangan yang banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.61/18 Suh k
Uncontrolled Keywords: Library Anxiety, mahaisswa sekolah pascasarjana, perpustakaan. Universitas Airlangga
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Mutiara Ahadah Suhartanti, 071411631020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Oct 2018 17:56
Last Modified: 17 Oct 2018 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74818
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item