Persepsi Pengguna terhadap Lapo Bra (Layanan Pojok Braille) di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang

Aulia Sofi Brylliana, 071411631027 (2018) Persepsi Pengguna terhadap Lapo Bra (Layanan Pojok Braille) di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.68 18 Bry p.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.68 18 Bry p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.68 18 Bry p.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan layanan bagi pengguna di perpustakaan menjadi hal penting, terlebih bagi pengguna dengan disabilitas penglihatan. Kurangnya layanan yang disediakan bagi disabilitas penglihatan membuat mereka kesulitan dalam memanfaatkan layanan yang tersedia. Di Jawa Timur yaitu Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, menyediakan layanan bagi disabilitas penglihatan yaitu Lapo Bra (Layanan Pojok Braille). Lapo Bra bertujuan untuk menyetarakan layanan bagi pengguna perpustakaan agar dapat memenuhi kebutuhan informasi tanpa adanya diskriminasi. Perpustakaan dapat dikatakan berhasil apabila menyediakan koleksi yang dibutuhkan oleh pengguna, serta memberikan layanan yang baik kepada pengguna. Pada penelitian ini menggunakan 4 aspek yaitu sarana dan prasarana, pustakawan, koleksi braille, dan layanan pada Lapo Bra. Peneliti menggunakan persepsi menurut Bimo Walgito yang dibagi menajadi 4 tahap yaitu tahap fisik, tahap fisiologis, tahap psikologik dan tahap penilaian atau persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap Lapo Bra di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode kuisioner, observasi dan studi pustaka. Untuk populasi dalam penelitian yaitu pengguna yang mengunjungi atau menggunakan Lapo Bra. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu pengguna yang berkunjung dan memanfaatkan layanan pada Lapo Bra dengan frekuensi kunjungan satu-dua kali dalam seminggu dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan SPSS dan skala likert. Hasil dari penelitian menunjukkan persepsi pengguna terhadap Lapo Bra menghasilkan skor 14,29 dan rata-rata 3,57 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.68/18 Bry p
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengguna, Disabilitas Penglihatan, Layanan Perpustakaan, Layanan Pojok Braille
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Aulia Sofi Brylliana, 071411631027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFitri Mutia, A.K.S., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Oct 2018 18:42
Last Modified: 17 Oct 2018 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74823
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item