KONSTRUKSI PENGETAHUAN MELALUI MENDONGENG BERBASIS MULTIMEDIA DI KOMUNITAS CHILDREN GROUP MEETING SURABAYA

BAGUS KURNIAWAN SURYO BAWONO, 071411633024 (2018) KONSTRUKSI PENGETAHUAN MELALUI MENDONGENG BERBASIS MULTIMEDIA DI KOMUNITAS CHILDREN GROUP MEETING SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.75 18 Baw k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.75 18 Baw k.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.75 18 Baw k.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mendongeng merupakan suatu aktivitas yang biasa dilakukan orang tua kepada anak pada zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman aktivitas mendongeng semakin ditinggalkan oleh orang tua, bahkan mendongeng saat ini tidak lagi banyak dilakukan orang tua melainkan pada pendidikan non formal, seperti komunitas. Perkembangan TIK telah membawa perubahan cara dalam mendongeng ke anak. Dengan adanya multimedia membuat kegiatan mendongeng menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang menarik bagi anak. Fenomena ini yang peneliti lihat pada komunitas CGM yang menjadikan kegiatan mendongeng berbasis multimedia sebagai kegiatan utama dalam pembelajaran tentang karakter. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mencoba memahami bagaimana strategi CGM dalam mengupayakan pembelajaran agar anak dapat terkonstruksi pengetahuannya tentang pendidikan karakter seturut dengan tujuan dari didirikannya komunitas ini. Pengamatan yang dilakukan kepada satu informan kunci yakni pendiri komunitas CGM menjadi gatekeeper untuk menentukan tujuh informan anak yang dipilih pada anggota komunitas CGM seturut pemahaman anak terhadap cerita-cerita yang membawa anak dapat secara praktik menerapkan nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh komunitas tersebut. Dari hasil temuan data menunjukan bahwa proses konstruksi tidak hanya berhenti pada kegiatan mendongeng saja tetapi juga diteruskan peran orang tua dalam lingkungan sosial keluarga yang ternyata merupakan pengajar di komunitas ini. Selain itu peneliti juga menemukan dua macam tipe perbedaan tipologi konstruksi pengetahuan yang terbentuk ke anak pada komunitas ini, yaitu : semu-konstruktif dan real-konstruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.75/18 Baw k
Uncontrolled Keywords: Mendongeng berbasis multimedia, karakter, komunitas CGM, konstruksi pengetahuan, praktik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401-492 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS KURNIAWAN SURYO BAWONO, 071411633024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.Ikom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:01
Last Modified: 18 Oct 2018 09:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item