Kualitas Aplikasi LexiPal pada Dyslexia Corner di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Triani Febriana, 071411633030 (2018) Kualitas Aplikasi LexiPal pada Dyslexia Corner di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.80 18 Feb k.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.80 18 Feb k.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.80 18 Feb k.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari sistem informasi berupa aplikasi yang diperuntukkan bagi penyandang disleksia yaitu aplikasi LexiPal yang ada di Dyslexia Corner Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode wawancara, kusioner dan observasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengguna yang pernah menggunakan aplikasi LexiPal di Dyslexia Corner Perpustakaan Balai Pemuda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan kriteria pengguna menggunakan aplikasi LexiPal lebih dari satu kali, pengguna senang pergi ke perpustakaan dan pengguna memiliki kemauan untuk belajar membaca maupun menulis. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang. Pengukuran mengenai kualitas aplikasi LexiPal ini menggunakan Model Kesuksesan IS dari DeLone dan McLean yang mencakup enam komponen yaitu kualitas sistem (system quality) dengan hasil perolehan skor sebesar 3,97 termasuk dalam kategori tinggi, kualitas informasi (information quality) dengan hasil perolehan skor 4,07 termasuk kategori tinggi, kualitas pelayanan (service quality) dengan hasil perolehan skor 4,09 termasuk dalam kategori tinggi, penggunaan (use) dengan hasil perolehan skor 4,06 termasuk dalam kategori tinggi, kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan hasil perolehan skor 4,04 termasuk dalam kategori tinggi dan keuntungan (net benefit) dengan perolehan skor 4,02 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi LexiPal di Dyslexia Corner Perpustakaan Balai Pemuda memiliki kualitas yang baik. Hal itu dapat dilihat dari keseluruhan hasil perolehan rata-rata skor sebesar 4,05 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.80/18 Feb k
Uncontrolled Keywords: kualitas, disleksia, aplikasi LexiPal, kesuksesan IS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Triani Febriana, 071411633030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:20
Last Modified: 18 Oct 2018 09:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item