PEMANFAATAN SMARTPHONE PADA KOMUNITAS LOVE SUROBOYO

TOMMY ARIEANTO, 071411631036 (2018) PEMANFAATAN SMARTPHONE PADA KOMUNITAS LOVE SUROBOYO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.81 18 Ari p.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.81 18 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.81 18 Ari p.pdf

Download (313kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan smartphone dalam membantu anggota komunitas Love Suroboyo mendapatkan apa yang mereka butuhkan salah satunya berupa informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deksriptif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Populasi sampel sebanyak 36 anggota komunitas Love Suroboyo, dan data dikumpulkan dengan meggunakan kuisioner. Hasil dari analisis ini menunjukkan akan kebiasaan anggota komuitas Love Suroboyo dalam memanfaatkan media berupa smartphone. Metodologi pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dimana peneliti ingin mendeskripsiskan permalsahan terjadi di masyarakat, serta mengetahui situasi terntentu baik dari kegiatan, sikap, pandangan. Dari hasil penelitian yang telah diteliti, terdapat dua subjek yang digunakan dari teori yang diangkat, yaitu Uses and Gratification. Dimana Uses atau penggunaan lebih mengarah pada tingkat intensitas pengguna yang meliputi penggunaan media seperti smartphone, kemudian Gratification lebih mengarah pada tingkat kebutuhan dari pengguna yang meliputi kebutuhan kognitif, afektif, personal, sosial, dan pelarian. Dari kedua subjek yang telah digunakan selalu bersinanggunga, dimana kedua hal saling berkaitan satu sama lain untuk saling melengkapi. Dari teori Uses and Gratification maka hasil yang didapat oleh peneliti ini adalah setiap anggota komunitas Love Suroboyo membutuhkan serta menggunakan smartphone. Dimana teori Uses and Gratification memiliki hubungan dengan anggota komunitas yang telah dijadikan responden, dikarenakan smartphone menjadi media yang dijadikan alat pembantu dalam kegiatan seharihari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.81/18 Ari p
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Komunitas Love Suroboyo, Uses and Gratification
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
TOMMY ARIEANTO, 071411631036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:23
Last Modified: 18 Oct 2018 09:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74840
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item