ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN UMUM KOTA MOJOKERTO

RIZKY MARETA, 071411631042 (2018) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN UMUM KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.83 18 Mar a.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.83 18 Mar a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.83 18 Mar a.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Perpustakaan Umum Kota Mojokerto dan menarik untuk diteliti karena Kota Mojokerto merupakan kota yang memiliki program unggulan yakni Mojokerto Service City atau kota yang mengedepankan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana realisasi dari program unggulan tersebut dilihat dari sudut pandang tingkat kualitas layanan pada Perpustakaan Umum kota Mojokerto, yang mana merupakan salah satu bentuk layanan publik yang cukup vital karena keberadaannya berhubungan langsung dengan literasi masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan berbeda dengan penelitan-penelitian sebelumnya karena selain menggunakan metode LibQUAL+® versi terbaru, metode pengumpulan data pada penelitian ini juga dilengkapi dengan kolom komentar dengan tujuan agar tingkat kepuasan pemustaka dapat dijabarkan dengan baik serta responden lebih mampu mengutarakan saran konstruktifnya. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa skor AG (Adequacy Gap) sebesar 0,14 yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan layanan Perpustakaan Umum Kota Mojokerto cukup berkualitas, dan skor SG (Superiority Gap) sebesar -1,19 yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan layanan Perpustakaan Umum Kota Mojokerto berada pada batas toleransi (Zone of Tolerance). Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa kualitas layanan telah memenuhi harapan minimum pemustaka namun belum mencapai harapan ideal pemustaka. Meskipun kualitas layanan Perpustakaan Umum Kota Mojokerto berada pada taraf baik, namun tetap perlu adanya pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan ketanggapan pustakawan dalam melayani, dan juga diperlukan perhatian lebih pada sistem otomasi serta pengadaan koleksi digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.83/18 Mar a
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Umum, LibQUAL+®, Kualitas Layanan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY MARETA, 071411631042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFitri Mutia, A.KS., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:37
Last Modified: 18 Oct 2018 09:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item