PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MURID SMA SEDERAJAT DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Murid SMA dan MA di Kabupaten Sidoarjo dalam Menentukan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi dan/atau Sekolah Kedinasan)

RIAN SYAIFULLAH, 071411633016 (2018) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MURID SMA SEDERAJAT DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Murid SMA dan MA di Kabupaten Sidoarjo dalam Menentukan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi dan/atau Sekolah Kedinasan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.84 18 Sya p.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.84 18 Sya p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.84 18 Sya p.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul perilaku penemuan informasi murid SMA sederajat (SMA dan MA) dalam menentukan studi lanjut ke jenjang perguruan tinggi maupun sekolah kedinasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku penemuan informasi yang dilakukan oleh murid SMA sederajat dalam menentukan studi lanjut. Penelitian dilakukan di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, karena melihat antusias murid SMA yang setiap tahunnya meningkat untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi maupun sekolah kedinasan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposives dengan menggunakan kriteria tertentu sebagai syarat responden dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang dibagi menjadi dua, yaitu 50 responden SMA dan 50 responden MA. Fenomena yang terjadi saat ini adalah murid SMA setelah lulus dari bangku sekolah menengah akhir mereka merasa bingung atau dilema terkait dengan keinginan mereka untuk melanjutkan studi, ingin memilih jurusan apa dan ingin melanjutkan studi kemana. Dalam penelitian ini diperoleh data bahwa murid SMA sederajat melakukan proses penemuan informasi yang meliputi enam tahapan didalamnya, yaitu initiation, selection, exploration, formulation, collection dan presentation. Penelitian ini menyimpulkan bahwa murid pada tahap awalnya merasa bingung atau dilema terhadap permasalahan, dan kemudian mereka terdorong untuk melakukan penemuan informasi yang mereka butuhkan dengan berbagai macam cara. Murid SMA sederajat mulai mencari serta memperoleh informasi dari berbagai sumber dan saluran informasi yang tersedia, baik dalam bentuk online/digital maupun offline/cetak. Sehingga pada tahapan akhir murid SMA sederajat merasa puas, optimis, tidak bingung lagi dengan informasi akhir yang mereka peroleh dan mereka dapat memilih perguruan tinggi dan sekolah kedinasan sesuai dengan keinginan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.84/18 Sya p
Uncontrolled Keywords: Murid SMA sederajat, Perilaku Penemuan Informasi, Lanjut
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIAN SYAIFULLAH, 071411633016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:59
Last Modified: 18 Oct 2018 09:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item