PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN PELAJAR PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Di Kalangan Pelajar Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang)

JUNNY EKA MUSTIKASARI, 071611623017 (2018) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN PELAJAR PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Di Kalangan Pelajar Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.86 18 Mus p.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.86 18 Mus p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.86 18 Mus p.pdf

Download (554kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan metode pengajaran agama dalam praktek belajar. Perbedaan lingkungan belajar di pondok pesantren menjadi permasalahan ketika akses sumber informasi, ketersediaan sarana informasi, serta penggunaan teknologi terbatasi. Keterbatasan akses pada sumber informasi menjadikan keberadaan orang sekitar seperti pangasuh menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pelajar pondok pesantren dalam memenuhi kebutuhan . Dalam hal ini, pemenuhan kebutuhan informasi yang dilakukan oleh para pelajar menyebabkan adanya kegiatan penemuan informasi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan Model Krikelas yang bertujuan untuk mengetahui perilaku penemuan informasi yang dilakukan oleh para pelajar pondok pesantren dalam memenuhi tugas akademik mulai dari kebutuhan informasi hingga sumber informasi yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Propotionate Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dihitung secara proposonal. Adapun hasil temuan yang diperoleh yaitu pelajar pondok pesantren memiliki jenis kebutuhan tertunda seperti tugas sekolah KTI, membuat artikel, dan membuat makalah sedangkan untuk jenis kebutuhan yang bersifat segera dapat berbentuk tugas mengerjakan soal-soal dan mempelajari materi baru. Hal ini disesuaikan dengan kepentingan dari tugas yang diperoleh. Untuk sumber informasi yang digunakan, pelajar pondok pesantren memanfaatkan jenis sumber informasi pribadi seperti buku paket dan buku catatan. Namun ketika pelajar mengalami kendala dalam pemenuhan kebutuhan mereka terkait tugas akademik, pelajar memanfaatkan sumber interpersonal contak yang berasal dari pengasuh pondok pesantren, teman sejawat, serta kakak angkatan. Dengan adanya kebutuhan terkait tugas sekolah yang mereka miliki serta penggunaan sumber informasi yang ada disekeliling mereka. Perilaku penemuan informasi para pelajar pondok pesantren diketahui melalui tindakan Information gathering dan Information Giving yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Information gathering diperolah melalui kegiatan belajar dan penelusuran terhadap sumber lain seperti internet serta sumber rujukan lainnya yang merupakan respon dari jenis kebutuhan tertunda. Sedangkan Information Giving dilakukan melalui kegiatan diskusi yang dilakukan oleh semama rekan, kakak angkatan, dan pengasuh pondok pesantren dalam mengatasi kesenjangan dari kebutuhan yang bersifat segera. Dari penelitian yang dilakukan di lingkungan pondok pesantren, diketahui jenis kebutuhan yang dimiliki oleh para pelajar MI/ SD, Mts/ SMP, dan Ma/ SMA tidak jauh berbeda sehingga penggunaan sumber informasi yang digunakan oleh pelajar juga tidak jauh berbeda antara pelajar satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.86/18 Mus p
Uncontrolled Keywords: Pelajar, Pondok Pesantren, Perilaku Penemuan Informasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JUNNY EKA MUSTIKASARI, 071611623017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Oct 2018 10:10
Last Modified: 18 Oct 2018 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74850
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item