GAMBARAN HUBUNGAN INTERPERSONAL PADA PENGGUNA NAPZA

Crispina Suwarti Nuryanti, NIM.: 131611123001 (2017) GAMBARAN HUBUNGAN INTERPERSONAL PADA PENGGUNA NAPZA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 155_18 Nur g ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 155_18 Nur g.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan interpersonal pada pengguna NAPZA adalah hubungan pengguna NAPZA dengan seseorang atau sekelompok orang melalui komunikasi dan interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman hubungan interpersonal pada pengguna NAPZA di Ruang Rehabilitasi NAPZA RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi melalui indepth interview dengan wawancara semi terstruktur. Partisipan diperoleh melalui metode purpossive sampling yaitu pengguna NAPZA yang sedang menjalani rehabilitasi di RSJ Dr. Radjiman wediodiningrat Lawang yang telah melewati masa detoksifikasi, berusia diatas 18 tahun dan mampu berkomunikasi dengan baik, serta tidak mengalami gangguan jiwa berjumlah 10 orang. Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa tematik dengan delapan langkah Colaizzi. Hasil penelitian menghasilkan 36 tema mengenai gambaran, faktor-faktor yang mempengaruhi, pengalaman, dampak, dan harapan pengguna NAPZA pada saat sebelum menggunakan NAPZA, selama menggunakan NAPZA, dan setelah tidak menggunakan NAPZA. Hasil penelitian menggambarkan bahwa hubungan interpersonal sebelum menggunakan NAPZA, selama menggunakan NAPZA, dan setelah tidak menggunakan NAPZA mengalami perubahan. Hubungan interpersonal dengan keluarga, teman dan masyarakat sebelum menggunakan NAPZA erat dan dekat. Hubungan interpersonal menjadi berubah renggang dan menjauh akibat pengguna NAPZA yang menjauh dari keluarga, serta masyarkat dan teman yang menjauhi akibat stigma negatif pengguna NAPZA. Hubungan interpersonal setelah tidak menggunakan NAPZA adalah berada di tempat rehabilitasi, hubungan interpersonal dengan keluarga lebih dekat dari sebelumnya dan dapat merasakan arti serta pentingnya keberadaan keluarga. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pengguna NAPZA. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali peran keluarga pada pengguna NAPZA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 155/18 Nur g
Uncontrolled Keywords: hubungan interpersonal, pengguna NAPZA, rehabilitasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Crispina Suwarti Nuryanti, NIM.: 131611123001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantAh. Yusuf, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantRr. Dian Tristiana, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Oct 2018 10:41
Last Modified: 18 Oct 2018 10:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74851
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item