ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN MODEL KANO DI KLINIK UROLOGI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO

M. HABIB HIDAYATULLOH, 101411131143 (2018) ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN MODEL KANO DI KLINIK UROLOGI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.216-18 Hid a ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.216-18 Hid a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu diartikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas layanan yang mereka terima. Penurunan tingkat kunjungan bisa diakibatkan karena kurang puasnya konsumen dengan mutu pelayanan yang diberikan. Hal ini menuntut pihak Rumah Sakit agar lebih selektif dalam memberikan pelayanan kepada pasien agar pihak rumah sakit dapat menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam mencapai mutu yang baik rumah sakit sebagai organisasi jasa harus selalu meningkatkan mutu dengan berbagai cara diantaranya melakukan standar penilaian mutu. Model Kano adalah salah satu model yang digunakan untuk mengkategorikan jenis pelayanan berdasarkan seberapa baik pelayanan tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan menggunakan model Kano sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan pasien di klinik urologi rawat jalan di RS Aisyiyah Bojonegoro. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional kepada 58 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan yang terdiri dari dimensi effective, efficient, accessible, acceptable, safe dan equitable. Mayoritas responden memiliki karakteristik jenis kelamin laki-laki yaitu sebesar 75,9%. Berdasarkan usia sebagian besar berusia 46-65 tahun (60,3%). Dari hasil pengolahan data didapatkan klasifikasi kategori kano dari 24 aspek pelayanan yang diteliti yaitu 8 kategori attractive, 9 kategori one dimensional, 5 kategori must be, dan 2 kategori reverse. Atribut yang harus diprioritaskan untuk dipenuhi yaitu must be, karena merupakan kebutuhan dasar pelanggan dan dapat meningkatkan ketidakpuasan bila tidak dipenuhi. Sehingga harapannya RS Aisyiyah dapat meningkatkan kinerja pada aspek pelayanan berdasarkah harapan pelanggan yang didapatkan dari model Kano.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.216/18 Hid a
Uncontrolled Keywords: Quality, Visits, Model, Kano, Classification
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. HABIB HIDAYATULLOH, 101411131143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:12
Last Modified: 19 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item