PERBANDINGAN REGRESI LOGISTIK MODEL LOGIT DAN MODEL PROBIT UNTUK ANALISIS PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI (ANALISIS PREDIKTOR RENDAHNYA PENGGUNAAN KONTRASEPSI IUD DI INDONESIA TAHUN 2015)

PRATIWI PURBANINGRUM, 101411131050 (2018) PERBANDINGAN REGRESI LOGISTIK MODEL LOGIT DAN MODEL PROBIT UNTUK ANALISIS PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI (ANALISIS PREDIKTOR RENDAHNYA PENGGUNAAN KONTRASEPSI IUD DI INDONESIA TAHUN 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.218-18 Pur p ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.218-18 Pur p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

IUD merupakan salah satu MKJP yang efektif untuk menunda kehamilan dan menjarangkan kehamilan. Oleh karena itu, pemerintah berupaya meningkatkan pemakaian kontrasepsi IUD, tetapi faktanya pemakaian kontrasepsi non IUD lebih banyak dibandingkan pemakaian kontrasepsi IUD. Klasifikasi data yang menyatakan keputusan penggunaan kontrasepsi IUD terdiri dari dua tingkatan, sehingga uji regresi logistik lebih cocok untuk digunakan. Oleh karena itu, analisis yang digunakan pada penelitian yaitu model logit dan model probit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan prediksi model logit dan model probit mengenai prediktor rendahnya penggunaan alat kontrasepsi IUD di Indonesia tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian non reaktif yang menggunakan data dari hasil survei RPJMN 2015. Populasi penelitian merupakan seluruh WUS berusia 15-49 tahun berstatus kawin dan tidak hamil yang masih menggunakan alat kontrasepsi diseluruh Indonesia tahun 2015, yaitu sebesar 18.850 WUS. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel yang diteliti adalah umur, pendidikan, pengetahuan, paritas, tempat pelayanan KB dan dukungan tenaga kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara umur, pendidikan, pengetahun serta tempat pelayanan KB terhadap rendahnya penggunaan kontrasepsi IUD sedangkan antara paritas dan dukungan tenaga kesehatan tidak ada pengaruhnya. Penelitian ini menghasilkan model prediktor yang mempengaruhi rendahnya penggunaan kontrasepsi IUD menggunakan regresi logistik model logit lebih baik dibandingkan model probit berdasarkan nilai goodness of fit yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.218/18 Pur p
Uncontrolled Keywords: Logit Model, Probit Model, IUD, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PRATIWI PURBANINGRUM, 101411131050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibowo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Oct 2018 14:40
Last Modified: 19 Oct 2018 14:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item