PENGARUH JOB CHARACTERISTICS DAN ORGANIZATIONAL ATTRIBUTES TERHADAP INTENTION TO APPLY DARI PROSPECTIVE APPLICANTS DENGAN ORGANIZATIONAL ATTRACTIVENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

BAKHTIAR RIFA’I, 041311233225 (2018) PENGARUH JOB CHARACTERISTICS DAN ORGANIZATIONAL ATTRIBUTES TERHADAP INTENTION TO APPLY DARI PROSPECTIVE APPLICANTS DENGAN ORGANIZATIONAL ATTRACTIVENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 211-18 Rif p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rekrutmen menjadi hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena dalam proses akhir rekrutmen perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut. Hasil akhir dari suatu proses rekrutmen adalah adanya Intention to Apply pada persusahaan yang sedang melakukan mengadakan rekrutmen. Agar dapat memahami bagaimana applicants dapat memiliki Intention to Apply pada perusahaan, pada penilitian ini akan melakukan penelitian terhadap beberapa faktor yaitu Job Characteristics, Organizational Attributes, dan Organizational Attractiveness. Penelitian ini akan mempelajari bagaimana applicants akan mengajukan lamaran pekerjaan pada suatu perusahaan dengan prospective yang dimiliki oleh applicants terhadap perushaan yang melakukan rekrutmen dari Job Characteristics yang ditampilkan perusahaan pada iklan lowongan pekerjaan, pada Organizational Attributes yang dimiliki oleh perusahaan yang sedang mengadakan rekrutmen, dan Organizational Attractiveness perusahaan yang sedang mengadakan rekrutmen pada Job Fair atau pada web lowongan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai metode pendekatan kuantitatif. Data yang didapat dari hasil penyebaran kuesionar berjumlah 110 responden yang terkumpul melalui teknik Judgement Sampling. Dimana responden yang merupakan sebagian besar masih mahasiswa memilih untuk bekerja daripada berwirausaha dan melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Job Characteristics, Organizational Attributes, dan Organizational Attractiveness memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Intention to Apply. Organizational Attractiveness memediasi hubungan Job Characteristics dan Organizational Attributes secara partial mediation dengan menggunakan metode VAF (Variance Accounted For).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.211/18 Rif p
Uncontrolled Keywords: Prospective Applicants, Job Characteristics,Organizational Attributes, Organizatioanl Attractiveness, Intention to Apply, Job Applicants, Organization.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BAKHTIAR RIFA’I, 041311233225UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Gede Adi Permana, SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 20 Oct 2018 14:08
Last Modified: 20 Oct 2018 14:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item