PEREBUTAN KEKUASAAN DALAM PILKADES (STUDI KASUS DESA PALANG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN)

Muhammad Helmy Adi Reza, 071311333074 (2018) PEREBUTAN KEKUASAAN DALAM PILKADES (STUDI KASUS DESA PALANG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.44 18 Rez p.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.44 18 Rez p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.44 18 Rez p.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perebutan Kekuasaan Dalam Pilkades (Studi kasus Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana latar belakang masing-masing kandidat merebutkan kekuasaan dengan strategi politiknya dan dengan sumber-sumber kekuasaan yang dimilikinya untuk mencari dukungan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif-kualitatif, dimana dalam memperoleh informasi maupun data menggunakan wawancara secara mendalam, dokumentasi dan perekaman. Dalam pengambilan data, peneliti dapat menjelaskan fenomena yang terjadi dalam prosesi pilkades yang telah ditelitinya dan bisa dikemukakan kedalam ilmu ilmiah. Teori yang digunakan adalah teori kekuasaan dan patron klien menjadi penunjang dalam studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya latar belakang yang kuat untuk merebutkan kekuasaan yakni latar belakang ekonomi dan latar belakang politik. Dengan latar belakang yang terjadi pada masing-masing calon, maka timbul strategi untuk merebutkan kekuasaan sebagai kepala desa. Staretegi yang digunakan tentunya memanfaatkan sumber-sumber kekuasaan yang dimiliki setiap calon kepala desa dengan cara memanfaatkan jaringan ikatan keluarga dan kelompok strategis yang ada di desa Palang. Selain itu Intimidasi dan money politic juga turut serta dalam pemilihan kepala desa Palang ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.44/18 Rez p
Uncontrolled Keywords: Pilkades, Sumber-sumber kekuasaan, strategi politik
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Helmy Adi Reza, 071311333074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAli Sahab, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:48
Last Modified: 22 Oct 2018 10:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item