HUBUNGAN KIAI DAN POLITIK : PERAN POLITIK KIAI PADA PILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO

BIMA YULI SAPUTRA, 071411331057 (2018) HUBUNGAN KIAI DAN POLITIK : PERAN POLITIK KIAI PADA PILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.46 18 Sap h.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.46 18 Sap h.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.46 18 Sap h.pdf

Download (308kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kiai merupakan orang yang memiliki kekuasaan penuh didalam pondok pesantren dengan segala modal yang dimiliki yaitu meliputi ilmu, kekayaan, maupun karakternya. Karena alasan-alasan itulah Kiai dijadikan sebagai Guru, Orang yang dihormati, Orang yang dipercaya setiap perkataan dan perbuatannya. Maka tidak heran dengan konsekuensi logis tersebut mengundang para actor politik untuk datang dan meminta bantuan Kiai dalam upaya merebut dan mempertahankan kekuasaan. Pada 2014 lalu Mahfud MD selaku Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta meminta bantuan para Kiai sepuh Lirboyo dan para Kiai sepuh mengiyakan bahkan mendukung Prabowo-Hatta. Penelitian ini berfokus pada peran politik Kiai Lirboyo, Hubungan Kiai- Santri didalam Pondok, dan juga Hubungan Kiai dengan aktor-aktor politik dalam 10 tahun terakhir. Penelitian serupa sudah ada tetapi hanya berfokus pada Kiai sebagai pembentuk opini. Jadi penelitian ini akan berfokus pada hal-hal tersebut dan menggunakan teori Elit Politik dari Suzanne Keller untuk mempertajam analisis. Penelitian ini menggunakan metode qualitative describtive research, yang mana penulis memperoleh data berdasarkan wawancara, observasi, dan tinjauan pustaka. Lalu dibaca menggunakan perspektif elit. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Kiai berperan dalam pembentukan opini dan mobilisasi massa, ditambah fakta-fakta lain seperti hubungan kiai-santri yang ada di Lirboyo adalah patron klien, fakta lainnya adalah Kiai memiliki hubungan yang cukup dekat dengan actor-aktor politik termasuk Prabowo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.46/18 Sap h
Uncontrolled Keywords: Kiai, Pondok Lirboyo, Peran Politik Kiai.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
BIMA YULI SAPUTRA, 071411331057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAirlangga Pribadi Kusman, PhD., S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Oct 2018 11:44
Last Modified: 22 Oct 2018 11:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item