IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN BERBASIS UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI KABUPATEN SIDOARJO

LISA ANGGREANI, 071411331015 (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN BERBASIS UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.49 18 Ang i.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.49 18 Ang i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.49 18 Ang i.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Implementasi kebijakan merupakan salah satu bentuk dari realisasi kebijakan pemerintahan yang amat sangat penting untuk dijalankan. Implementasi kebijakan apabila dijalankan dengan baik dan sesuai apa yang dituju akan berdampak baik dan berguna untuk masyarakat. Seperti hal nya implementasi kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis usaha mikro kecil menengah yang dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan teori marille S. Grindle keberhasilan implementasi kebijakan publik di pengaruhi oleh dua variable yakni isi kebijakan dan lingkungan implementasi. Maka setelah itu dapat diketahui kebijakan tersebut berhasil dilaksanakan atau tidak berhasil dilaksanakan. Penelitian ini berada di Kabupaten Sidoarjo, dengan berfokus kepada penanggulangan kemiskinan berbasis usaha mikro kecil menengah yang mempunyai program yaitu dana bergulir. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Metode pengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan implementasi kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dasar terbentuknya kebijakan ini dapat dilihat dari perda kabupaten Sidoarjo Nomor 2 Tahun 2016 tentang penanggulangan kemiskinan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, yang bertujuan untuk melakukan pemenuhan hak dasar, pengurangan beban hidup, dan perbaikan kualitas hidup masyarakat miskin. Sedangkan, program implementasi penanggulangan kemiskinan bebrbasis usaha mikro yang dilakukan oleh dinas koperasi dan usaha mikro yaitu dana bergulir di atur di dalam Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.49/18 Ang i
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan Kemiskinan, Implementasi Kebijakan, Usaha Mikro Kecil Menengah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LISA ANGGREANI, 071411331015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Oct 2018 12:07
Last Modified: 22 Oct 2018 12:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item