PENGARUH PERSEPSI EKUITAS NILAI, EKUITAS HUBUNGAN, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT LOYAL PELANGGAN PADA MAHASISWA PENGGUNA PRODUK TELKOMSEL DI SURABAYA

IBRAHIM DANUBRATA, 040730963 (2010) PENGARUH PERSEPSI EKUITAS NILAI, EKUITAS HUBUNGAN, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT LOYAL PELANGGAN PADA MAHASISWA PENGGUNA PRODUK TELKOMSEL DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-danubratai-15987-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketatnya persaingan di bidang telekomunikasi membuat penulis tertarik untuk membahas salah satu pioneer dalam perusahaan telekomunikasi yaitu Telkomsel. Market leader bidang telekomunikasi pada segmen pekerja dan pebisnis ini sangat mengerti bagaimana cara memperlakukan dan mempertahankan pelanggannya dengan baik. Seluruh program-program pemasaran pun dilakukan untuk tetap menjadi market leader di segmennya. Akan tetapi persaingan di bidang telekomunikasi telah membuat Telkomsel lemah di segmen lain khususnya pada segmen mahasiswa. Segmen mahasiswa telah membuat Telkomsel harus berjuang keras untuk memenangkan pasar. Munculnya kartu seluler Simpati dari Telkomsel sebagai pemimpin pasar pada segmen karyawan dan orang-orang pebisnis membuat Telkomsel kehilangan pangsa pasarnya pada segmen mahasiswa. Pesaing utama Telkomsel di bidang telekomunikasi yaitu Indosat telah memenangkan pasar pada segmen mahasiswa melalui program-program pemasarannya yang sangat akurat dan terarah untuk para mahasiswa. Dari hal ini, Telkomsel ingin merebut hati dari segmen mahasiswa ini lewat program-program yang telah dikemasnya untuk para mahasiswa melalui produknya Telkomsel. Untuk itu, penulis ingin melihat seberapa jauh produk Telkomsel telah berhasil merebut pangsa pasar pada segmen mahasiswa yang selama ini dikuasai oleh sebagian besar produk sang pesaing yaitu Indosat melalui kartu selulernya IM3. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah apakah ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan ekuitas merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat loyal pelanggan pada segmen mahasiswa khususnya mahasiswa pengguna produk Telkomsel di wilayah kota Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian konklusif eksperimental, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel dependen dengan variabel independen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan ekuitas merek terhadap niat loyal pelanggan pada mahasiswa pengguna produk Telkomsel di Surabaya. Prosedur penarikan sampel yang digunakan adalah non probality sampling. Maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebesar 400 responden. Berdasarkan dari hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa variabel ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan ekuitas merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat loyal pelanggan. Dan dari hasil analisis pada bab 4 dapat diketahui juga bahwa nilai korelasi tertinggi terletak pada ekuitas merek ( X3 ), sehingga variabel ini dikatakan paling mempunyai pengaruh atau dominan terhadap niat loyal pelanggan pada mahasiswa pengguna produk Telkomsel di Surabaya, selanjutnya sesuai besar pengaruhnya adalah ekuitas hubungan ( X2 ) dan ekuitas nilai ( X1 ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 439 10 Dan p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Creators:
CreatorsNIM
IBRAHIM DANUBRATA, 040730963UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Lilik Rudianto, Dr., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Jul 2011 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 10:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item