KEGAGALAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN KAWASAN TERBATAS MEROKOK (Studi Implementasi Kebijakan Kawasan Terbatas Merokok di Kabupaten Bangkalan-Madura)

Bulqis Iman Amirah, 071411333034 (2018) KEGAGALAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN KAWASAN TERBATAS MEROKOK (Studi Implementasi Kebijakan Kawasan Terbatas Merokok di Kabupaten Bangkalan-Madura). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.60 18 Ami k.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.60 18 Ami k.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (924kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.60 18 Ami k.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini membahas mengenai adanya ketidakberhasilan dalam hal penerapan sebuah kebijakan bebas asap rokok yang diwujudkan menjadi sebuah kawasan terbatas merokok (KTM) di taman kota Paseban Kabupaten Bangkalan. Fenomena yang terjadi di taman kota tersebut tercermin atas ketidaknyamanan para pengunjung pengguna taman kota Paseban dalam mengakses fasilitas publik berupa ruang terbuka yang telah disediakan oleh pemerintah Kabupaten Bangkalan. Peraturan Perintah nomor 19 tahun 2003 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan telah mengatur bahwa Pemerintah Daerah wajib melakukan pelaksanaan kawasan terbatas merokok (KTM) di tempat umum karena kawasan terbuka untuk umum tersebut wajib memiliki kawasan tanpa rokok. Salah satu kawasan yang terbuka untuk umum dan bersifat publik yaitu taman kota Paseban yang terletak di Kabupaten Bangkalan. Melalui teori David C. Korten yang mengidentifikasikan kegagalan implementasi kebijakan terhadap tiga jenis elemen dalam pelaksanaan program yaitu tergantung dari programnya sendiri, kedua berasal dari organisasi yang melakukan implementasi dan yang ketiga yaitu pengguna dari kebijakan atau sasaran yang dituju sehingga dari hal tersebut dapat diketahui bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan gagal mengimplementasikan peraturan tersebut akibat tidak adanya kesesuaian dari ketiga unsur implementasi kebijakan yang menyebabkan kinerja program tidak berhasil sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.60/18 Ami k
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Merokok, Taman Kota
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Bulqis Iman Amirah, 071411333034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutrisno, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 08:28
Last Modified: 23 Oct 2018 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item