POLITIK PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA: REVITALISASI ALON-ALON KABUPATEN GRESIK

Gandis Saraswati, 071411331002 (2018) POLITIK PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA: REVITALISASI ALON-ALON KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.68 18 Sar p.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.68 18 Sar p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.68 18 Sar p.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perencanaan Pembangunan tidak hadir dengan sendirinya tetapi di hadirkan oleh aktor-aktor dalam rangka pemenuhan tujuan yang identik dengan intervensi politik. Terdapat hubungan aktor politik yang saling mempengaruhi dalam Proses Perencanaan Pembangunan. Proses tersebut terdiri dari berbagai Tahapan, dimulai dari: Tahap Penyusunan Agenda, Tahap Formulasi Kebijakan, dan Tahap Legitimasi Kebijakan. Masing-masing tahapan tersebut terdapat Aktor yang memiliki kewenangan dalam Perencanaan Pembangunan. Aktor-Aktor ini berasal dari Pemerintah itu sendiri, yang melibatkan Swasta, serta Masyarakat. Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik memiliki kekuasaan dalam melakukan Pembangunan Infrastruktur wilayahnya. Sehingga dalam pembangunan Alon- Alon Kabupaten Gresik sebagai upaya untuk dilakukannya Revitalisasi lahan terbuka masyarakat yang sudah tidak sesuai fungsinya. Lembaga Eksekutif Kabupaten Gresik melibatkan lembaga Legislatif sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk pengawasan, anggaran, dan legislasi. Dilibatkan pula pihak Swasta/Dunia Usaha, serta Organisasi Masyarakat turut di sertakan dalam Perencanaan Pembangunan terkait Revitalisasi Alon-Alon Kabupaten Gresik. Maka dari itu semua kepentingan Aktor dapat di diskusikan dengan saling melakukan intervensi, agar nantinya memperoleh kesepakatan terbaik dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.68/18 Sar p
Uncontrolled Keywords: Politik Perencanaan Pembangunan, Tahap Formulasi Kebijakan, Aktor Kebijakan, Kepentingan, Intervensi Antar Aktor.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gandis Saraswati, 071411331002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWisnu Pramutanto, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:21
Last Modified: 23 Oct 2018 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75020
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item