Analisis Elemen AIDCA di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Studi deskriptif analisis elemen AIDCA pada instagram, twitter, dan facebook sebagai promosi di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY)

Kurnia Fatma Pratiwi, 071611623006 (2018) Analisis Elemen AIDCA di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Studi deskriptif analisis elemen AIDCA pada instagram, twitter, dan facebook sebagai promosi di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.87 18 Pra a.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.87 18 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.87 18 Pra a.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai media promosi dilakukan oleh perpustakaan untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, sehingga segala bentuk layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan dapat digunakan oleh masyarakat. Dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat ini membuat perpustakaan melakukan promosi tidak hanya melalui media massa, namun promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Saat ini media sosial seperti instagram, twitter dan facebook sering digunakan oleh masyarakat, sehingga untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan diperlukan promosi perpustakaan melalui instagram, twitter dan facebook. Untuk menghasilkan promosi melalui instagram, twitter dan facebook lebih menarik diperlukan elemen dalam sebuah rumus yang disebut AIDCA. Penelitian ini dilakukan kepada 36 responden yang berada di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah promosi melalui instagram dengan menggunakan elemen AIDCA pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 42.3%, pada elemen interest/minat sebesar 42.9%, pada elemen desire/keinginan sebesar 41.1%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 36.2% dan pada elemen action/tindakan sebesar 36.4%. Promosi melalui twitter dengan menggunakan elemen AIDCA dengan hasil pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 39.6%, pada elemen interest/minat sebesar 38.3%, pada elemen desire/keinginan sebesar 36.1%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 32.7% dan pada elemen action/tindakan sebesar 32.6%. Promosi melalui facebook dengan menggunakan elemen AIDCA pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 18.1%, pada elemen interest/minat sebesar 18.8%, pada elemen desire/keinginan sebesar 22.8%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 31.1% dan pada elemen action/tindakan sebesar 31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.87/18 Pra a
Uncontrolled Keywords: AIDCA, promosi, perpustakaan
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Kurnia Fatma Pratiwi, 071611623006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 11:07
Last Modified: 23 Oct 2018 11:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item