BUDAYA PARTISIPASI (PARTICIPATORY CULTURE) DI KALANGAN VLOGGER

Pramudika Kusuma Wardani, 071411631074 (2018) BUDAYA PARTISIPASI (PARTICIPATORY CULTURE) DI KALANGAN VLOGGER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.88 18 War b.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.88 18 War b.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.88 18 War b.pdf

Download (471kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, manusia tidak dapat lepas dari produk-produk teknologi salah satunya internet. Penggunaan teknologi informasi sudah menjadi habit di mana keberadan internet dan web 2.0 membuat masyarakat mengenal dan mengonsumsi konten media. Masyarakat tidak hanya berhenti pada aktivitas konsumsi informasi yang ada di dalam konten media, namun turut bergabung dan ikut serta memproduksi bentuk konten media baru. Fenomena kemunculan vlog yang menggantikan bentuk konten media blog menjadi bukti bahwa masyarakat saat ini bukan hanya aktif dalam kegiatan konsumsi namun juga produksi informasi yang mana pembuat vlog atau yang lebih dikenal dengan istilah vlogger berubah menjadi prosumer yang bukan hanya fokus memproduksi konten media berbasis video saja, namun juga turut serta memproduksi dan mengkonsumsi informasi dari konten media lainnya. Kehadiran vlogger saat ini mulai membentuk komunitas-komunitas jejaring baik online maupun offline di beberapa wilayah di Indonesia dengan beragama aktivitas partisipasi yang mengikuti sebagai wujud respon atas kebutuhan informasi, budaya populer dan dorongan perkembangan teknologi. Studi ini ingin mengkaji mengenai bagaimana penggunaan teknologi informasi mendorong vlogger untuk berpartisipasi secara online, bagaimana budaya partisipasi yang kembangkan serta mengungkap makna partisipasi yang terbangun di kalangan vlogger. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual dan di bantu dengan teori Budaya Partisipasi milik Henry Jenkins serta konsep Makna milik Smith. Studi ini menghasilkan tiga tipologi partisipasi berdasarkan aktivitas prosumsi, bentuk partisipasi yang dikembangkan serta pemaknaan yang dilakukan, yaitu partisipasi berdasarkan apresiasi (participation based on appreciation), partisipasi berdasarkan eksistensi (participation based on existence) dan partisipasi berdasarkan kesenangan (participation based on pleasure). Participation based on appreciation merupakan tipologi yang memproduksi dan mengkonsumsi informasi-informasi yang bersifat edukatif (pengetahuan) dan mengembangkan bentuk berpartisipasi sebagai upaya memperoleh apresiasi dan pengakuan masyarakat atas kontribusi pengetahuan yang diberikan, Participation based on existence merupakan tipologi yang memproduksi dan mengkonsumsi konten-konten budaya popular dan mengembangkan budaya partisipasi sebagai upaya untuk menjaga eksistensi serta membuat karya yang dihasilkan dikenal. Sedangkan participation based on pleasure merupakan tipologi yang memproduksi dan mengkonsumsi hal-hal yang bersifat ringan dan mengembangkan budaya partisipasi sebagai bagian dari kesenangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.88/18 War b
Uncontrolled Keywords: Budaya Partisipasi, Makna Partisipasi, Prosumer, Vlogger
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Pramudika Kusuma Wardani, 071411631074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 11:14
Last Modified: 23 Oct 2018 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item