Pola Partisipasi Perpustakaan (Participatory Library) pada Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Nurma Pandwita Utami, 071411633005 (2018) Pola Partisipasi Perpustakaan (Participatory Library) pada Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.98 18 Uta p.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.98 18 Uta p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.98 18 Uta p.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan teknologi media baru di perpustakaan Universitas Airlangga (Unair) telah membuka peluang bagi pengguna untuk terlibat lebih aktif dan melakukan kolaborasi dengan pustakawan sebagai co-produsen informasi. Tujuan dari studi ini adalah untuk menggambarkan partisipasi perpustakaan yang tumbuh dan berkembang di perpustakaan Unair dilihat dari sudut pandang pengguna dan pustakawan serta mengidentifikasi apa saja faktor keberhasilan dan keberlanjutan yang mendorong partisipasi pengguna dan pustakawan di perpustakaan. Studi ini penting karena pada era ini perpustakaan harus mengubah citra mereka dari sebuah organisasi hegemonik yang mengatur informasi dan pengetahuan sesuka hati menjadi organisasi yang memfasilitasi kreatifitas dan menampung segala bentuk ekspresi intelektual melalui partisipasi aktif pengguna di perpustakaan. Lebih spesifik dalam studi ini, penulis menggambarkan partisipasi perpustakaan yang tumbuh dan berkembang di perpustakaan Unair menggunakan metode kuantitaif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive pada pengguna dan pustakawan perpustakaan Unair. Penulis mengumpulkan data dengan menyebarkan angket dan diikuti probing serta studi literatur terkait sebagai penguat data yang telah terkumpul, kemudian diolah dengan aplikasi SPPS. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi media baru di perpustakaan Unair merupakan penyebab utama dari meningkatnya partisipasi diantara pengguna dan pustakawan, sehingga membentuk suatu pola partisipasi. Pola partisipasi perpustakaan yang ada di perpustakaan Unair dimulai dari komunitas (pengguna dan pustakawan) yang diberdayakan sehingga meningkatkan pengalaman perpustakaan komunitas. Selain pola yang terbentuk, dari studi ini diketahui pula bahwa partisipasi pengguna dan pustakawan yang dilakukan secara offline lebih tinggi dibandingkan partisipasi secara online. Sementara itu, faktor yang mendorong keberhasilan dan keberlanjutan partisipasi di perpustakaan Unair terdiri dari faktor teknologi, manusia, pendidikan, sosial-ekonomi, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.98/18 Uta p
Uncontrolled Keywords: Participatory Library, Perpustakaan Universitas Airlangga, Pustakawan dan Pengguna, Teknologi Media Baru
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nurma Pandwita Utami, 071411633005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 13:52
Last Modified: 23 Oct 2018 13:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item