INTEGRATION ROLE of HEALTH CARE PROVIDERS PADA KINERJA TIM PELAYANAN ANTENATAL TERPADU PUSKESMAS

DIADJENG SETYA WARDANI, 101417087312 (2018) INTEGRATION ROLE of HEALTH CARE PROVIDERS PADA KINERJA TIM PELAYANAN ANTENATAL TERPADU PUSKESMAS. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis.IK. 14-18 War i Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis.IK. 14-18 War i.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kematian Ibu disebabkan karena komplikasi yang terjadi selama hamil atau 42 hari setelah akhir kehamilannya. Komplikasi ini dapat menimbulkan kematian, namun dapat dicegah dan ditangani apabila tim Pelayanan Antenatal care Terpadu Puskesmas (PAcTP) dapat melakukan upaya promotif dan preventif melalui pemeriksaan antenatal yang berkualitas. Tujuan penelitian adalah membuktikan bahwa Integration Role of Health Care Provider (IRHCP) yang dipengaruhi oleh kohesivitas tim, konteks organisasi dan leadership berpengaruh terhadap kinerja tim PAcTP. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 40 tim PAcTP, teknik sampling dengan random sampling. Analisis data menggunakan multiple regression dan path analysis. Hasil dan Kebaruan; Kepuasan klien dipengaruhi oleh kinerja tim PAcTP (p-value=0,001). Kinerja tim PAcTP dipengaruhi paling kuat oleh IRHCP (=0,967)). IRHCP dalam tim dipengaruhi oleh kohesivitas tim, konteks organisasi, dan leadership (p-value=0,001), dengan leadership sebagai variabel yang memiliki pengaruh paling kuat (=0,930). Hasil penelitian menunjukkan bahwa IRHCP juga memberikan pengaruh terhadap kohesivitas tim (p-value=0,001). Temuan baru dalam penelitian adalah IRHCP yang baik dalam tim dapat meningkatkan kinerja tim PAcTP sehingga bisa memberikan kepuasan kepada klien. Pada tim terstruktur, kekuatan kohesivitas tim dipengaruhi oleh seberapa baik integrasi peran yang terjadi di dalam tim tersebut. Untuk mewujudkan integrasi yang baik di dalam tim, peran leadership dalam organisasi merupakan hal yang terpenting. Saran peneliti adalah diharapkan Kepala Puskesmas perlu melakukan koordinasi untuk menjamin sustainability integrasi peran dalam tim.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis.IK. 14-18 War i
Uncontrolled Keywords: Integration role, kinerja tim, kohesivitas tim, konteks organisasi, leadership, kepuasan klien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
DIADJENG SETYA WARDANI, 101417087312UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Prof. Dr., MT., PsiUNSPECIFIED
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Oct 2018 09:15
Last Modified: 24 Oct 2018 09:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item