MODEL PEMBERDAYAAN BERPUSAT PADA KELUARGA (FAMILY CENTERED EMPOWERMENT) DALAM KEMAMPUAN MERAWAT ANAK DENGAN LEUKEMIA

YUNI SUFYANTI ARIEF, 101517087302 (2018) MODEL PEMBERDAYAAN BERPUSAT PADA KELUARGA (FAMILY CENTERED EMPOWERMENT) DALAM KEMAMPUAN MERAWAT ANAK DENGAN LEUKEMIA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis.IK. 16-18 Ari m Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis.IK. 16-18 Ari m.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latarbelakang: Family centered empowerment adalah intervensi keperawatan dengan meningkatkan filial value keluarga yang terdiri dari responsibility, respect, dan care keluarga. Objektif: Menyusun model Family Centered empowerment terhadap kemampuan keluarga dalam merawat anak leukemia. Metode: Terdapat dua desain dalam menyusun model ini. Desain tahap satu yaitu survey eksplanatif dengan rancangan cross-sectional. Populasi tahap satu adalah keluarga dengan anak menderita leukemia yang dirawat di RSUD Dr. Seotomo. Surabaya. Sampel 140 responden direkrut dengan teknik consecutive sampling. Desain tahap dua yaitu quasy eksperimen. Populasi tahap dua adalah keluarga dengan anak menderita leukemia. Sampel 30 responden diambil dengan teknik consecutive sampling. Variabel independen adalah family centered empowerment dan variabel dependen yaitu kemampuan keluarga dalam merawat anak leukemia, dan indikator anak. Data dikumpulkan dengan quisioner dan di analisis dengan Pair T-test dan independen T-test ( < 0.05). Hasil dan Temuan Baru: Terdapat pengaruh faktor keluarga dan faktor perawat terhadap family centered empowerment (T=3.80; T=6.590). Tidak terdapat pengaruh faktor penderita terhadap family centered empowerment (T=0.707). Terdapat pengaruh model family centered empowerment terhadap kemampuan keluarga dalam merawat anak leukemia yang terdiri dari perceived health dengan p=0.004, personal growth p=0.002, dan existensial well being dengan p=0.000( < 0.05). Terdapat pengaruh model family centered empowerment terhadap indikator kesehatan anak menderita leukemia yang terdiri dari berat badan anak yang menderita leukemia dengan nilai T-statisik sebesar p=0.000( < 0.05), nilai hitung leukosit p= 0.002( < 0.05), dan kejadian perdarahan pada anak menderita leukemia dengan nilai p= 0.041( < 0.05). Temuan baru dalam penelitian ini adalah terbentuknya model Family centered empowerment untuk meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat anak leukemia melalui jalur peningkatan filial value keluarga yang terdiri dari responsibility, respect, dan care dan melalui kemampuan keluarga dalam memberikan penilaian terhadap dirinya (family appraisal) dalam merawat anak leukemia. Kesimpulan: Model Family centered empowerment dapat meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat anak leukemia yang berdampak pada indikator kesehatan anak.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis.IK. 16-18 Ari m
Uncontrolled Keywords: Family centered, empowerment, anak, leukemia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
YUNI SUFYANTI ARIEF, 101517087302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr. H., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Thesis advisorI Dewa Gede Ugrasena, Prof. Dr., dr, Sp.A(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorShrimarti Rukmini Devy, Dr., Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Oct 2018 12:16
Last Modified: 24 Oct 2018 12:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item