PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP KUNJUNGAN PESERTA PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) (Studi di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga)

WIDYA NUR AZIZAH, 101411131168 (2018) PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP KUNJUNGAN PESERTA PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) (Studi di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 231 - 18 Aji p-Abstract.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 231 - 18 Aji p.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi melibatkan peserta BPJS, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Prolanis bertujuan untuk pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Partisipasi peserta prolanis untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada pada program tersebut dapat diibaratkan dengan loyalitas pasien dalam mengikuti setiap kegiatan. Loyalitas atau partisipasi tersebut dapat dipengaruhi oleh nilai pelanggan (Customer Value). Klinik pratama PLK Unair telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 November 2014. Kerjasama tersebut menyebabkan PLK Unair menerapkan prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value terhadap kunjungan peserta prolanis di PLK Unair. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Responden penelitian berjumlah 75 peserta prolanis di PLK Unair. Penelitian dilakukan pada peserta prolanis baik yang rutin berkunjung maupun tidak. Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas responden memiliki tingkat aksesibilitas yang cukup baik ke PLK Unair. Terdapat pengaruh antara tingkat customer value terhadap tingkat customer satisfaction, terdapat pengaruh tingkat customer satisfaction terhadap kunjungan peserta prolanis serta terdapat pengaruh yang signifikan (p=0,000) antara tingkat customer value terhadap kunjungan peserta prolanis. Hal tersebut didukung oleh beberapa penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa customer value berpengaruh terhadap keputusan seseorang untuk membeli barang atau jasa. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat customer value dapat mempengaruhi kunjungan peserta prolanis di PLK Unair untuk mengikuti kegiatan prolanis. Kunjungan peserta prolanis dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan customer value dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 231/ 18 Aji p
Uncontrolled Keywords: Chronic disease management program, Health Care Center, Customer Value, Visits
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIDYA NUR AZIZAH, 101411131168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 24 Oct 2018 15:24
Last Modified: 24 Oct 2018 15:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item