PRAKTEK DOMINASI KUASA DALAM PAGUYUBAN DUTA WISATA (Studi Resistensi Anggota Terhadap Tradisi Dalam Paguyuban Cak Yuk di Gresik)

SARI MUTIYA AISYAH, 071411431003 (2018) PRAKTEK DOMINASI KUASA DALAM PAGUYUBAN DUTA WISATA (Studi Resistensi Anggota Terhadap Tradisi Dalam Paguyuban Cak Yuk di Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.44 18 Ais p.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.44 18 Ais p.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.44 18 Ais p.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan praktek dominasi kuasa di dalam paguyuban duta wisata Cak Yuk Gresik. Tujuan penelitian ini menjawab permasalahan tentang bagaimana praktek dominasi kuasa dalam paguyuban Cak Yuk Gresik yang dilakukan oleh senior terhadap junior dan bagaimana proses terjadinya resistensi oleh duta wisata Cak Yuk Gresik terhadap nilai tradisi yang diinternalisasi oleh senior paguyuban. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan teknik analisa kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara, guna memperoleh gambaran yang jelas mengenai fokus permasalahan dalam penelitian ini. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisa kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah duta wisata Kabupaten Gresik, sebanyak 6 orang diantaranya 2 perempuan dan 4 laki-laki yang merupakan anggota dan alumni paguyuban duta wisata Cak Yuk Gresik yang ditentukan secara purposive. Untuk menggali data yang mendalam terkait dengan praktek dominasi kuasa dalam paguyuban duta wisata, peneliti menyamarkan nama asli informan dengan inisial untuk menjaga rasa nyaman dalam menjawab pertanyaanpertanyaan dan melakukan wawancara dalam berbagai kesempatan, dan untuk menganalisis digunakan Teori Hidden Transcript dan Teori Resistensi dari James C Scott. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya praktek dominasi kuasa di dalam paguyuban duta wisata Cak Yuk Gresik yaitu sebagai tradisi yang dilakukan senior paguyuban terhadap juniornya dengan tujuan menunjukkan legitimasi kekuasaan senior terhadap junior. Di lain sisi, duta wisata menunjukkan perlawanan atas dominasi senior yang ada di paguyuban. Bentuknya bisa dalam bentuk menjadi bahan pergunjingan, membicarakan kekurangan, kemudian tak jarang sebagai bentuk protes mereka tidak menghadiri acara yang diselenggarakan oleh pihak senior yang menjadi pengurus paguyuban. Dalam bentuk perlawanan yang terbuka, para informan melakukan mobilisasi beberapa rekan untuk memilih ketua yang mampu membawa aspirasi mereka demi perubahan kondisi di dalam paguyuban sendiri. Kata Kunci : dominasi, Hidden Transcript, Resistensi, Duta Wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.44/18 Ais p
Uncontrolled Keywords: dominasi, Hidden Transcript, Resistensi, Duta Wisata
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
SARI MUTIYA AISYAH, 071411431003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Oct 2018 18:27
Last Modified: 24 Oct 2018 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item