ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS PEMROSESAN BERKAS KLAIM PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RSUD ARIFIN AHMAD PEKANBARU

FEBIOLA CITRA, 101411133051 (2018) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS PEMROSESAN BERKAS KLAIM PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RSUD ARIFIN AHMAD PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 233 - 18 Cit a-Abstract.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 233 - 18 Cit a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru memperoleh pendapatan yang berasal dari pasien BPJS melalui pengajuan klaim yang diberikan kepada pihak BPJS Kesehatan. Pengajuan klaim dilakukan apabila pelayanan telah selesai diberikan kepada pasien BPJS, sistem ini disebut fee for service berdasarkan tarif Indonesian-Case Based Group (INA-CBG). Adanya kesalahan dalam pemrosesan berkas klaim akan menyebabkan pembayaran klaim menjadi lama karena tertunda oleh berkas yang direvisi. Banyaknya berkas klaim yang dikembalikan oleh verifikator BPJS Kesehatan kepada petugas pemrosesan berkas klaim di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru tahun 2017 untuk direvisi, yaitu sebanyak 6537 berkas (39%). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi dan beban kerja terhadap kinerja petugas pemrosesan berkas klaim pasien BPJS rawat inap di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian observasional dan dilakukan secara cross sectional selama bulan Maret 2018 melalui metode pemberian kuesioner dan observasi berkas klaim pasien BPJS rawat inap untuk menilai kinerja petugas. Responden penelitian ini adalah petugas yang bertanggung jawab dalam pemrosesan berkas klaim pasien BPJS rawat inap yaitu 52 orang. Hasil penelitian meunujukkan motivasi dan beban kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja petugas pemrosesan berkas klaim pasien BPJS rawat inap RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya ialah pengembangan pengukuran variabel agar mendapatkan hasil yang maksimal. Saran yang diberikan untuk rumah sakit ialah pendekatan secara personal untuk mengetahui hal yang dapat meningkatkan motivasi petugas dan melakukan pengawasan terhadap kinerja yang dilakukan oleh petugas yang bertanggung jawab dalam memproses berkas klaim pasien BPJS rawat inap di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 233/ 18 Cit a
Uncontrolled Keywords: BPJS, claim processing, workload, motivation, performance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FEBIOLA CITRA, 101411133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:20
Last Modified: 25 Oct 2018 09:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item