Motif Tindakan Mahasiswa dalam Gerakan Mahasiswa Mengajar

Oktavimega Yoga Guntaradewa, 071411431008 (2018) Motif Tindakan Mahasiswa dalam Gerakan Mahasiswa Mengajar. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.45 18 Gun m.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.45 18 Gun m.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.45 18 Gun m.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini berfokus pada organisasi sosial mahasiswa pada bidang pendidikan sebagai bentuk gerakan sosial baru. Penelitian ini berupaya menjelaskan bagaimana organisasi mahasiswa mengajar dilakukan dan seperti apa motif tindakan mahasiswa dalam mengikuti organisasi. Penelitian ini berfokus pada organisasi mahasiswa mengajar yang ada di 3 universitas yakni Unair Mengajar (SCOLAH), ITS Mengajar, (IECC), dan Unesa Mengajar (SINERGI). Metode yang dilakukan adalah kualitatif dengan paradigma definisi sosial. Teknik penentuan informan adalah metode purposive. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam sebagai data primer dan studi literatur yang berhubungan dengan penelitian ini sebagai data sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan teori gerakan sosial baru dan teori because motif dan in order to motive sebagai alat analisis dalam menjelaskan temuan data berdasarkan fokus penelitian. Organisasi mahasiswa mengajar merupakan organisasi nirlaba dalam kampus yang bergerak dalam upaya pemerataan pendidikan. Bentuk program dan kegiatan yang dilakukan yaitu mengajar, beasiswa, perbaikan perpustakaan, kampanye pendidikan, diskusi tentang pendidikan. Setiap program dan kegiatan yang dilakukan dalam organisasi mahasiswa mengajar merupakan kegiatan yang dirancang, dilakukan dan diawasi oleh mahasiswa sendiri. Motif tindakan mahasiswa dalam organisasi mahasiswa mengajar didasarkan atas pengalaman dan pengetahuan mereka dibidang pendidikan. Hasil tipifikasi dari keluarga, teman, masyarakat juga membantu individu dalam menciptakan realitas subjektif tentang pendidikan. Motif tujuan secara ideal dan linier yaitu membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan dan memenuhi kewajiban mahasiswa sebagai agen perubahan serta melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Selain itu, motif tujuan juga memiliki sifat praktis yaitu ingin mendapatkan pengalaman softskill ataupun hardskill dalam berorganisasi ataupun dalam bidang pendidikan, pengakuan dalam bentuk sertifikat serta jaringan dalam dunia organisasi dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.45/18 Gun m
Uncontrolled Keywords: gerakan sosial baru, motif tindakan, mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Oktavimega Yoga Guntaradewa, 071411431008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta'in Mashud, Prof., Dr., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:47
Last Modified: 25 Oct 2018 09:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item