MENJADI ISTRI DAN IBU DI USIA MUDA (Studi Sosiologis Tentang Pengalaman Anak Perempuan Yang Menikah Pada Usia Muda di Kota Surabaya)

DEWI ASTUTI, 071411431070 (2018) MENJADI ISTRI DAN IBU DI USIA MUDA (Studi Sosiologis Tentang Pengalaman Anak Perempuan Yang Menikah Pada Usia Muda di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.49 18 Ast m.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.49 18 Ast m.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.49 18 Ast m.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang profil anak perempuan yang menikah di usia muda dan pengalaman menikah di usia muda yang dapat dilihat melalui profil, tantangan serta dilema yang dihadapi oleh perempuan yang menikah di usia muda. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji profil anak perempuan yang menikah di usia muda yang dapat dilihat melalui kondisi sosial ekonomi, pendidikan, kondisi lingkungan tempat tinggal, usia ketika menikah dan sejarah pernikahan orangtua. Selain itu penelitian ini juga ingin mengkaji pengalaman menjadi istri dan Ibu di usia muda yang dapat dilihat melalui tantangan dan dilema yang dihadapi ketika menjadi istri dan ibu di usia muda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik Howard Becker, teori perangkap kemiskinan Robert Chambers, teori fungsi keluarga Murdock dan teori Budaya Kemiskina Oscar Lewis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini informan dipilih menggunakan teknik snowball dimana informan yang diwawancarai sebanyak 12 informan yang terdiri dari satgas PPA Kelurahan, anak perempuan yang menikah dini serta pihak keluarga yang tinggal di Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan yang menikah di usia muda adalah perempuan yang mengalami putus sekolah dengan kondisi ekonomi yang miskin. Perempuan yang menikah di usia muda lebih sering mengalami stigma dari masyarakat, terlebih jika menikah karena hamil diluar nikah atau menikah dengan duda. Perempuan yang menikah muda merasakan pengalamanpengalaman sosial dalam pernikahan melalui tantangan-tantangan yang dihadapi selama pernikahannya seperti tantangan mengatur keuangan keluarga, mengurus anak, menjalani hubungan dengan suami di dalam keluarga inti dan menjalani hubungan dengan orangtua serta mertua di dalam keluarga besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.49/18 Ast m
Uncontrolled Keywords: pernikahan usia muda, kemiskinan, stigma
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEWI ASTUTI, 071411431070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Mas'udah, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:58
Last Modified: 25 Oct 2018 09:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item