PENGEMBANGAN SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN PENJARINGAN SUSPEK BARU TB MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID DI PUSKESMAS TANAH KALI KEDINDING SURABAYA

FADHILNA AMALIA PUTRI, 101411131090 (2018) PENGEMBANGAN SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN PENJARINGAN SUSPEK BARU TB MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID DI PUSKESMAS TANAH KALI KEDINDING SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 236 - 18 Put p-Abstract.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 236 - 18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Layanan kesehatan yang tersedia saat ini masih menggunakan sistem kesehatan masyarakat secara manual khususnya pada pelaporan suspek TB, sehingga masih dianggap kurang efisien dan efektif. Salah satu kecamatan di Surabaya dengan tingkat penyebaran TB tertinggi adalah kecamatan Kenjeran kelurahan Tanah Kali Kedinding. Strategi tersebut dikemas dalam suatu sistem yang membutuhkan relevansi secara teknologi informasi. Masyarakat banyak menggunakan perangkat mobile khususnya platform Android. Pada tahun 2013 platform Android merupakan platform yang paling banyak digunakan masyarakat dengan dibuktikan memiliki market share sebesar 78,7% dan meningkat menjadi 81,5% di tahun 2014 dari platform lainnya (International Data Corporation, 2015). Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun dan menerapkan sistem pencatatan dan pelaporan suspek baru TB menggunakan aplikasi Android. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan penelitian terapan. Tahap pertama merupakan tahap indentifikasi tingkat kebutuhan informasi dan membangun sistem. Tahap kedua merupakan tahap uji kelayakan penerapan sistem pencatatan dan pelaporan berbasis Android pada kader kesehatan dan petugas kesehatan. Selanjutnya evaluasi program dengan wawancara mendalam kepada 5 orang kader kesehatan dan petugas kesehatan Puskesmas Tanah Kali Kedinding tentang tingkat penerimaan terhadap sistem. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat penerimaan kader dan petugas kesehatan Puskesmas Tanah Kali Kedinding mengenai sistem informasi sangat baik. Kader dan petugas kesehatan berpendapat bahwa sistem pencatatan dan pelaporan suspek baru TB menggunakan aplikasi Android ini sangat bermanfaat dan sangat mudah digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem informasi kesehatan butuh untuk terus dikembangkan. Analisis sikap (Attitude Toward Using) serta minat (Behavioral Intention) kader dan petugas kesehatan terhadap sistem dipengaruhi oleh persepsi kemanfaatan (Perceived Usefulness) dan persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 236/ 18 Put p
Uncontrolled Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, Behavioral Intention
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FADHILNA AMALIA PUTRI, 101411131090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Indriani, Dr., S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 25 Oct 2018 10:45
Last Modified: 25 Oct 2018 10:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75119
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item