MAKNA OLAHRAGA CALISTHENICS SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN MUDA (Studi Tentang Konstruksi Sosial Olahraga Calisthenics di Kota Surabaya)

Rachmawan Yusuf Rizaldi, 071411431010 (2018) MAKNA OLAHRAGA CALISTHENICS SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN MUDA (Studi Tentang Konstruksi Sosial Olahraga Calisthenics di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.53 18 Riz m.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.53 18 Riz m.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.53 18 Riz m.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan semakin berkembangnya gaya hidup di masyarakat, kebutuhan utama masyarakat urban saat ini mulai mengalami pergeseran kepada kebutuhan untuk memiliki kondisi tubuh atau fisik yang sehat dan prima untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka. Tren gaya hidup sehat yang saat ini berkembang dan marak dilakukan oleh masyarakat urban yaitu melakukan olahraga di gym yang pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit dan menggunakan peralatan untuk menunjang latihan. Dengan kendala seperti itu, muncullah olahraga lama yang terlahir kembali, yaitu olahraga calisthenics yang tidak perlu mengeluarkan biaya, tanpa menggunakan peralatan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Studi ini memfokuskan pada proses masyarakat urban mengkonstruksi olahraga calisthenics sebagai gaya hidup mereka. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan berperspektif konstruktivisme. Informan dalam penelitian ini adalah enam orang anggota komunitas olahraga calisthenics yang datang dari berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda. Lokasi penelitian dilakukan di komunitas olahraga calisthenics di kota Surabaya. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara mendalam dan partisipasi langsung di lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu keenam informan memaknai olahraga calisthenics selain sebagai olahraga yang menyehatkan, olahraga calisthenics juga berfungsi sebagai pembentuk badan menjadi ideal, meningkatkan kualitas kesehatan, dapat mengatur pola makan dan dapat merubah pola pikir tentang gaya hidup sehat. Dengan kesibukan yang dihadapi mereka tetap bisa melakukan olahraga calisthenics dimanapun dan kapanpun mereka mau, karena olahraga calisthenics bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.53/18 Riz m
Uncontrolled Keywords: olahraga calisthenics, masyarakat urban, kesehatan, gaya
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Rachmawan Yusuf Rizaldi, 071411431010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 10:33
Last Modified: 25 Oct 2018 10:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item