PEREMPUAN DALAM BISNIS MEDIA MASSA (Studi pada Perempuan di Televisi Swasta Lokal Surabaya dalam Perspektif Gender)

DEWI MIFTAKHUR ROIFAH, 071411431071 (2018) PEREMPUAN DALAM BISNIS MEDIA MASSA (Studi pada Perempuan di Televisi Swasta Lokal Surabaya dalam Perspektif Gender). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.57 18 Roi p.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.57 18 Roi p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.57 18 Roi p.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perempuan dalam lingkaran bisnis media massa, utamanya dalam bisnis media televisi mempunyai kekuatan dan daya tarik tersendiri sehingga menjadi ladang subur bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Keberadaan perempuan dalam media televisi menjadi penting karena perempuan dianggap mampu menjadi pemanis dan pelengkap dalam tayangan televisi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif untuk mengungkap dan menjawab fokus penelitian, yaitu posisi perempuan dalam bisnis media televisi swasta lokal serta melihat relasi gender yang terjadi didalamnya. Teori yang digunakan adalah Teori Relasi Kekuasaan dari Michel Foucault. Informan dalam kajian ini berjumlah enam belas, yang bekerja dan terlibat dalam bisnis media televisi swasta lokal di Surabaya. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah snowball dan accidental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Perempuan dalam bisnis media televisi ditempatkan pada posisi yang tidak menguntungkan, sedangkan untuk penampilan perempuan di depan layar mengutamakan keindahan dan kecantikan perempuan dengan tujuan untuk menarik perhatian penonton; dan (2) Relasi gender yang terjadi dalam bisnis media televisi ditemukan adanya stereotip yaitu pandangan tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan, subordinasi yaitu sebuah anggapan yang menganggap bahwa perempuan lemah dan menjadi nomor dua setelah laki-laki, marginalisasi yaitu peminggiran terhadap perempuan, serta violence atau kekerasan yaitu serangan fisik maupun non fisik dari salah satu jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.57/18 Roi p
Uncontrolled Keywords: perempuan, media televisi, relasi gender
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
DEWI MIFTAKHUR ROIFAH, 071411431071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEmy Susanti, Prof., Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Oct 2018 08:26
Last Modified: 26 Oct 2018 08:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item